Tonga konfirmasi tiga korban tewas dan kehancuran pulau terpencil

id Tonga,erupsi gunung,Pulau Mango

Tonga konfirmasi tiga korban tewas dan kehancuran pulau terpencil

Citra satelit memperlihatkan keadaan rumah-rumah dan gedung di Nuku'alofa, Tonga, pada 29 Desember 2021 sebelum gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus pada Sabtu (15/1/2022). ANTARA/Satellite Image @2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS/tm

Sydney (ANTARA) - Pemerintah Tonga memastikan ada tiga orang yang meninggal setelah erupsi gunung serta tsunami terjadi pada Sabtu (15/1).

Otoritas juga mengatakan evakuasi sejumlah pulau terpencil sudah dimulai, termasuk seluruh suatu desa di Pulau Mango.

Kepastian soal jumlah korban jiwa itu dinyatakan pemerintah dalam keterangan resmi pertama yang dikeluarkannya sejak Sabtu.  

Lewat pernyataan, kantor perdana menteri mengonfirmasi kematian perempuan berusia 65 tahun di Pulau Mango dan pria berusia 49 tahun di Pulau Nomuka, serta satu warga negara Inggris.

Sejumlah orang juga dilaporkan mengalami cedera. 

Angkat Laut Tonga telah dikerahkan bersama tim kesehatan, makanan, air minum, dan juga tenda ke kepulauan terpencil Ha'pai.

Bantuan lainnya dikirim pada Selasa lantaran kerusakan parah yang dipantau di Pulau Mango, Fonoifua dan Namuka, kata AL Tonga.

Menurut otoritas seluruh rumah di Pulau Mango luluh lantak. Di Pulau Fonoifua hanya tersisa dua rumah yang masih berdiri, sementara Pulau Namuka mengalami rusak parah.

Evakuasi di Pulau Atata, Mango serta Fonoifua telah dimulai, katanya.

Sumber: Reuters