Lewandowski bantu Bayern Muenchen pecahkan rekor gol

id liga jerman,bayern muenchen,robert lewandowski,rekor liga jerman,cologne

Lewandowski bantu Bayern Muenchen pecahkan rekor gol

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski merayakan golnya ke gawang FC Cologne dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Sabtu (15/1/2022). (ANTARA/REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Jakarta (ANTARA) - Robert Lewandowski membantu Bayern Muenchen memecahkan rekor gol Liga Jerman saat membobol gawang FC Cologne dalam laga pekan ke-19 di Stadion RheinEnergie, Sabtu.

Dengan gol tersebut, Bayern menorehkan rekor baru yakni selalu mencetak gol dalam 66 pertandingan beruntun Liga Jerman, demikian catatan situs resmi liga.

Rekor tersebut sebelumnya juga dimiliki oleh Bayern yang mencetak gol dalam 65 pertandingan beruntun pada April 2012 s.d. April 2014.

Menariknya, rekor kali ini diawali dengan kemenangan 4-1 melawan Cologne pada 16 Februari 2020.

Secara rata-rata Bayern bahkan mencetak tiga gol per laga dalam 66 pertandingan beruntun, melampaui rataan 2,9 gol per laga dalam rekor sebelumnya yang berlangsung di bawah arahan Jupp Heynckes dan Pep Guardiola.

Kendati menajamkan rekor gol 66 pertandingan beruntun, rasio kemenangan Bayern cuma 51 kali lebih rendah dibandingkan 57 kali dari 65 pertandingan di rekor sebelumnya.

Lewandowski mencetak golnya pada saat pertandingan baru berusia sembilan menit memanfaatkan umpan terobosan Thomas Mueller.

Awalnya gol itu sempat dianulir karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside, tetapi setelah konsultasi dengan VAR wasit Tobias Weiz mengesahkan gol tersebut.

Corentin Tolisso membawa Bayern unggul 2-0 pada menit ke-25 hingga berita ini disiarkan.