Hyundai Creta rakitan lokal siap didistribusi massal Februari

id hyundai,hyundai creta

Hyundai Creta rakitan lokal siap didistribusi massal Februari

Hyundai Creta yang dipamerkan usai jumpa pers dan test drive di pabrik PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2021). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta (ANTARA) - Hyundai Creta rakitan lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, siap didistribusikan kepada pelanggan mulai Februari 2022.

Hyundai juga segera melakukan produksi massal kendaraan ini pada 17 Januari ini.

"Produksi massal Creta baru mulai di awal Januari 2022 ini, dan bulan depan kami akan melengkapi unit display di seluruh dealer di Indonesia dari Aceh sampai Papua, sekaligus melakukan pengiriman ke konsumen," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, saat ditemui di Cikarang, ditulis pada Jumat.



Lebih lanjut, Makmur mengungkapkan animo masyarakat akan SUV kompak terbaru ini cukup tinggi, menyusul Hyundai yang telah mengenalkan Creta dalam pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada November.

"Per akhir Desember 2021 kemarin, pemesanan sudah lebih dari 1.200 unit, dengan kondisi belum ada unit display dan belum ada test drive," kata dia.

Di sisi lain, pabrik PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) berdiri di kawasan Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik baru seluas 77 hektare ini disebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 150 ribu unit.

ANTARA bersama awak media lainnya berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat secara langsung proses produksi mobil Hyundai di pabrik tersebut, yang tengah menjalankan tahap percobaan produksi (trial production) jelang produksi massal tanggal 17 mendatang.

Terdapat beberapa tahapan dalam memproduksi sebuah mobil, mulai dari pencetakan bagian-bagian mobil (press shop), perakitan bodi mobil (body shop), pemberian warna pada mobil (paint shop), hingga pengecekan kualitas.

Proses produksi di dalam pabrik memadukan tenaga manusia dan robot-robot canggih yang sudah diprogram demi mengerjakan bagiannya masing-masing di proses produksi tersebut.

Tenaga manusia sendiri diperlukan misalnya untuk pemasangan komponen-komponen mobil dan mesin, hingga pengecekan kualitas. Karyawan juga mengawasi kinerja robot.

Pada tahap awal pengoperasian, pabrik ini akan memproduksi Creta. Dalam beberapa waktu ke depan, akan ada beberapa model lain yang juga diproduksi di pabrik baru ini seperti mobil listrik Ioniq 5 hingga SUV Santa Fe.
 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2022