Pemulihan pascabencana, Dompet Dhuafa Waspada ikut dirikan Sekolah Gembira di Padang Lawas

id Pemulihan pascabencana, DD Waspada ikut dirikan Sekolah Gembira di Padang Lawas

Pemulihan pascabencana, Dompet Dhuafa Waspada ikut dirikan Sekolah Gembira di Padang Lawas

Pemulihan pascabencana, DD Waspada ikut dirikan Sekolah Gembira di Padang Lawas. Foto Antara/Dompet Dhuafa.

Padang Lawas (ANTARA) - Dalam rangka pemulihan pascabencana, Dompet Dhuafa Waspada ikut serta dalam mendirikan sekolah darurat yang dinamakan Sekolah Gembira pada Senin (10/1). 

Sekolah gembira ini didirikan di pinggir sungai Batang Lubu Sutam dengan diikuti oleh 50 orang anak yang rumahnya hanyut terkena dampak banjir bandang.

Berdasarkan laporan tim Dompet Dhuafa Waspada di lapangan, Leli mengatakan kondisi di sana masih belum pulih. 

“Masih banyak alat berat, rumah-rumah yang hancur masih di bersihkan. Makanya, sekolah pun terpaksa dibuat di pinggir sungai,” katanya.

Leli juga mengatakan bahwa sekolah gembira yang didirikan ini diikuti oleh anak-anak dari berbagai kalangan usia.

 “Ada yang masih TK, ada juga yang sudah kelas 6 SD, rentangnya berkisar TK sampai SD,” ucapnya.

Leli juga menyebutkan bahwa sekolah gembira didirikan atas dasar sinergi bersama. 

“Sekolah mereka kan hancur, jadi atas insiatif bersama kita buat sekolah gembira, ada dari Dompet Dhuafa Waspada, SANTANA, Mata Air Palas, TK MADIA, PAUD Citra Mulia, PAUD Assyyfadilah, ABRI, PMII, OSIS SMK 1 Barumun, serta CMCTK Sibuhuan," sebutnya.

Menanggapi upaya ini, Pimpinan  Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, mengatakan bahwa Dompet Dhuafa Waspada masih terus berupaya untuk hadir dalam pemulihan pascabencana.

"Sudah dapat laporan kalau didirikan Sekolah Gembira, saat ini kita ikut sertanya dalam pendampingan, ke depan mungkin kita usahakan untuk media belajarnya karena itu yang dibutuhkan saat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Sulaiman menyampaikan bahwa bantuan sembako untuk kebutuhan dapur umum sudah disalurkan. 

“Kemarin di awal untuk respon bencana kita kan dirikan dapur hangat, sudah disalurkan sembako, tapi ini mengingat dampak bencana yang membuat tempat tinggal dan sekolah juga hancur, sepertinya masih terus dibutuhkan untuk kebutuhan logisitik," jelasnya.

Sulaiman pun menyampaikan ajakannya untuk tidak lupa kepada para korban terdampak banjir bandang di Padang Lawas.

 “Dompet Dhuafa Waspada masih terus buka donasi, melihat situasi di sana masih butuh bantuan. Kami ajak seluruh masyarakat di Sumut, untuk sama-sama bantu," ujar Sulaiman lagi.

Untuk bantuan yang ingin dikirimkan kepada warga terdampak banjir bandang di Padang Lawas, bantuan dapat dikirim melalui rekening BSI 300.300.3155 atau Mandiri 106.0010949819 An. Yayasan Dompet Dhuafa Republika dengan kode donasi 102 diakhir donasi. Info lebih lanjut dapat menghubungi 08126200696.

Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (INF)