Kanwilkumham Lampung deklarasikan komitmen kinerja

id kanwilkumham lampung, iwan santoso, janji kinerja, zona integritas

Kanwilkumham Lampung deklarasikan komitmen kinerja

Plt Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Iwan Santoso (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham)  Lampung mendeklarasikan janji kinerja sebagai bagian peningkatan reformasi birokrasi pada pegawai.

Penandatanganan deklarasi janji kinerja dan komitmen Pembangunan Zona Integritas tahun 2022 menuju WBK/WBBM di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Lampung ini dihadiri Wagub Lampung Chusnunia Chalim, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Danrem 043/Gatam Brigjen Drajat Bima Yoga, dan pejabat di lingkungan Kanwilkumham setempat, Rabu.

Plt Kakanwilkumham Lampung Iwan Santoso, mengatakan bahwa penandatanganan janji kinerja dan komitmen Pembangunan Zona Integritas tahun 2022 merupakan tindaklanjut dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laolyagar semua pegawai sesuai dengan janji kinerja.

"Kegiatan ini merupakan agenda yang dilaksanakan pada setiap awal tahun, guna menguatkan komitmen tata nilai budaya kerja kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis,Transparan dan Inovatif) dan meningkatkan integritas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi guna mewujudkan 'Good Governance dan Clean Governance'," katanya.

Menurutnya, perjanjian kinerja ini merupakan langkah awal untuk mengambil langkah strategis dengan tujuan agar pelaksanaan pencapaian target kinerja dan 0erjanjian kinerja yang telah ditetapkan dapat lebih terarah dan tepat sasaran.

Karena itu, pihaknya perlu mengawalnya dari segi integritas dan akuntabilitasnya.

Ia menegaskan, Kanwilkumham Lampung berkomitmen untuk membangun sumber daya unggul dan terpercaya yang menjadikan kata kunci keberhasilan dalam melaksanakan pelayanan publik.

Oleh karena itu, lanjut dia, pembangunan sumber daya manusia SDM menjadi prioritas strategis untuk segera dilaksanakan.

"Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung sebagai bagian 'Corporate University' telah menjadikan hal ini sebagai tantangan menarik untuk segera diwujudkan dengan langkah cepat 
mengembangkan pembangunan SDM mengikuti pergerakan ke industri 5.0 lebih cepat selama masa pandemi," ujarnya.

Selain itu, sinergitas dengan pemerintah daerah Provinsi Lampung melalui instansi-instansi terkait harus juga diperkuat.

Pada tahun 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung berserta jajaran telah menyelesaikan target capaian kinerja dengan baik, dengan memperoleh penghargaan tingkat nasional.

Diantaranya, penghargaan satuan kerja pemasyarakatan dan imigrasi berbasis HAM, dan terbaik pertama konten kreatif video pelayanan publik oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pencanangan zona integritas merupakan salah satu upaya untuk menjaga seluruh lini Kementerian Hukum dan HAM dari segala bentuk penyimpangan dan korupsi yang mungkin saja terjadi. 

"Karena itu, kita semua harus bertanggung jawab menciptakan zona integritas di lingkungan kerja masing-masing. Momentum kali ini adalah monumen awal yang ingin kami bangun sebagai peneguhan janji kinerja, dan juga merupakan bentuk komitmen jajaran dalam memberikan pengabdian dan loyalitas tanpa batas kepada bangsa," tambahnya.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kanwilkumham Lampung yang telah mendeklarasikan janji kinerja untuk seluruh pegawainya.

"Kami apresiasi dan menyambut positif komitmen janji kinerja agar bekerja lebih baik lagi ke depan," ujarnya.

Selain itu, Nunik panggilan akrab Wagub Lampung itu menambahkan janji kinerja ini juga dapat dirasakan oleh manfaatnya oleh jajaran Kanwilkumham terlebih bagi masyarakat Lampung.