Banjir rendam 12 desa di Pulau Simeulue Aceh

id Berita Aceh Terkini,Berita Aceh,Berita Aceh Terbaru,Banjir Aceh,Banjir di Pulau Simeulue

Banjir rendam 12 desa di Pulau Simeulue Aceh

Warga melintasi genangan banjir di sebuah desa di Pulau Simeulue, Provinsi Aceh, Senin (10/1/2022) sore. ANTARA/HO-Dok. Pusdatin BPBA

Di Desa Lala Bahagia, Kecamatan Salang, satu unit jembatan penghubung antarkecamatan terputus, kata Haslinda Juwita

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 12 desa tersebar di empat kecamatan di Pulau Simeulue Aceh hingga Senin malam terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 70 centimeter.

“Musibah banjir ini terjadi akibat hujan yang terus turun dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Simeulue,” kata petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslinda Juwita dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh, Senin malam.

Adapun desa yang ikut terendam banjir, kata dia, yaitu meliputi Desa Kampung Air, Desa Lamayang, Desa Latitik, Desa Sebbe, Desa Lakubang, Kecamatan Simeulue Tengah.

Kemudian Desa Sibulu Tengah dan Desa Amarabu, Kecamatan Simeulue Cut.

Di Kecamatan Alafan, banjir juga merendam rumah warga di Desa Langi dan Desa Lubuk Baik. Sedangkan di Kecamatan Salang, banjir juga merendam rumah warga di Desa Nasrehe.

Sedangkan di Desa Panton Lawe, Kecamatan Salang, banjir juga menyebabkan satu unit jembatan Bay Lei terendam banjir sehingga mengakibatkan akses jalan lumpuh total.

“Di Desa Lala Bahagia, Kecamatan Salang, satu unit jembatan penghubung antarkecamatan terputus,” kata Haslinda Juwita.

Guna membantu penanganan kepada masyarakat, petugas BPBD Kabupaten Simeulue juga telah mengerahkan anggota Pusdalops dan tim reaksi cepat ke lokasi banjir untuk meninjau situasi dan melakukan pelaporan serta mendirikan tenda darurat, katanya.