Indonesia dan Australia berencana bangun kapasitas tamtama AL dua negara

id Kasal,Kasal Australia,Indonesia dan Australia,TNI Angkatan Laut,AL Indonesia dan Australia,Angkatan Laut Australia,kunju

Indonesia dan Australia berencana bangun kapasitas tamtama AL dua negara

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) dan Kasal Australia Vice Admiral (Laksdya) Michael Joseph Noonan (kiri) bertukar cinderamata saat keduanya bertemu di Markas Besar TNI AL, Jakarta, Senin (10/1/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Australia berencana membangun kerja sama meningkatkan kapasitas personel Angkatan Laut (AL) dua negara mulai dari tamtama, bintara, sampai perwira.

Rencana itu dibahas oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral (Laksdya) Michael Joseph Noonan saat keduanya bertemu di Markas Besar TNI AL (Mabesal), Jakarta, Senin.

Sejauh ini, Angkatan Laut dua negara telah membangun kerja sama bidang pelatihan dan pendidikan, tetapi fokusnya masih kepada para perwira.

Oleh karena itu, Yudo dan Noonan pada pertemuan di Mabesal itu membahas peluang membangun kerja sama pelatihan dan pendidikan untuk seluruh personel Angkatan Laut, termasuk di antaranya para tamtama dan bintara.



Yudo dan Noonan berharap kerja sama pelatihan dan pendidikan untuk seluruh jenjang personel dapat menjadi ajang membangun pemahaman serta visi dan misi yang sama antara Angkatan Laut Indonesia dan Australia.

Dalam pertemuan itu, Laksamana Yudo dan Laksdya Noonan juga membahas kemungkinan melanjutkan berbagai kegiatan saat pandemi COVID-19 mulai terkendali.

Pasalnya, banyak kegiatan antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia tertunda bahkan batal akibat pandemi.

Di samping mengadakan pertemuan empat mata dengan Kasal, Noonan juga menerima penghargaan Bintang Jalasena Utama yang disematkan langsung oleh Yudo di Mabesal.

Penghargaan itu diberikan berdasarkan Keputusan Presiden No. 10/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kehormatan Bintang Jalasena Utama.

Noonan menerima penghargaan itu karena ia dianggap berjasa meningkatkan kerja sama Angkatan Laut Indonesia dan Australia.

Kedatangan Noonan ke Mabesal merupakan bagian dari rangkaian kunjungan dia ke Indonesia. Di samping ke Mabesal, Noonan dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) ke Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kasal Australia juga dijadwalkan mendatangi Markas Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Seskoal.