Kasal Australia mendapat bintang kehormatan dari TNI AL

id Kasal,Laksamana Yudo Margono,Kasal Australia,Indonesia dan Australia,Bintang Jalasena Utama,Michael Joseph Noonan

Kasal Australia mendapat bintang kehormatan dari TNI AL

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) berjabat tangan dengan Kasal Australia Laksdya Michael Joseph Noonan saat ia berkunjung ke Mabes TNI AL, Jakarta, Senin (10/1/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan penghargaan Bintang Jalasena Utama kepada Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral (Laksdya) Michael Joseph Noonan di Mabes TNI AL, Jakarta, Senin.

“Penganugerahan Bintang Jalasena Utama oleh TNI Angkatan Laut sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan tertinggi atas jasa-jasa Laksdya Michael Joseph Noonan dalam mendorong kemajuan hubungan antara kedua Angkatan Laut, dan terlebih lagi hubungan kerja sama antara Indonesia dan Australia,” kata Laksamana Yudo sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AL di Jakarta, Senin.

Bintang Jalasena Utama diberikan kepada Noonan berdasarkan Keputusan Presiden No. 10/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kehormatan Bintang Jalasena Utama.

Bintang Jalasena Utama merupakan medali penghargaan yang diberikan kepada individu-individu dengan kemampuan, pencapaian, kontribusi, dan dedikasi luar biasa yang melampaui panggilan tugasnya.



“Terima kasih atas support (dukungan) dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini. Semoga ke depan akan semakin baik,” kata Laksdya Noonan.

Upacara penyematan bintang jasa itu merupakan rangkaian kegiatan Noonan selama berkunjung ke Indonesia, termasuk di antaranya menemui Kasal di Mabes TNI AL (Mabesal).

Kedatangan Noonan beserta istri dan jajaran Angkatan Laut Australia ke Mabesal disambut oleh Laksamana Yudo yang didampingi oleh istrinya, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono.

Dalam kegiatan itu, Kasal turut didampingi oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal, Koorsahli Kasal, dan para asisten Kasal.

Yudo dan Noonan dalam kegiatan itu juga mengadakan pertemuan membahas beberapa isu, di antaranya terkait penanganan COVID-19 dan kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia dan Australia.

Noonan selama di Indonesia dijadwalkan akan mengadakan kunjungan kehormatan (courtesy call) ke Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Kasal Australia itu rencananya juga akan berkunjung ke Markas Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Seskoal.

Ia juga dijadwalkan menghadiri undangan makan malam bersama Laksamana Yudo.