Timnas Senegal tambah tiga kasus positif COVID-19

id piala afrika,timnas senegal,covid piala afrika

Timnas Senegal tambah tiga kasus positif COVID-19

Kiper Chelsea asal Senegal, Edouard Mendy, yang pada Minggu (9/1/2022) dikonfirmasi positif COVID-19 dan akan absen saat negaranya menjalani pertandingan pembuka Grup B Piala Afrika melawan Zimbabwe. (ANTARA/REUTERS/Toby Melville)

Ini situasi yang sulit dan kompleks. Tapi kami akan berusaha tampil kompetitif dan itu misi mereka yang bermain di tengah absennya sejumlah nama, kata Cisse

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Senegal mengalami pertambahan tiga kasus positif COVID-19 pada Minggu, sehari menjelang laga pembuka mereka pada Grup B Piala Afrika melawan Zimbabwe di Bafoussam, Kamerun.

Ketiga pemain yang terdeteksi positif COVID-19 tersebut adalah kiper Edouard Mendy, penyerang Famara Diedhiou dan kapten Kalidou Koulibaly yang dipastikan akan absen menghadapi Zimbabwe, demikian pernyataan resmi federasi sepak bola Senegal (FSF) yang dilansir Reuters, Minggu.

Tes positif COVID-19 Koulibaly lebih dulu diungkapkan oleh klubnya, Napoli, pada Sabtu (8/1), yang memastikan bahwa pemain mereka itu sudah menjalani vaksinasi dan tidak memperlihatkan gejala.

FSF kemudian mengkonfirmasi bahwa kiper Chelsea, Mendy, serta penyerang Alanyaspor, Dhiedhiou, kini menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Krisis COVID-19 makin menganggu persiapan Piala Afrika

Tiga kasus itu menambah daftar panjang pemain Senegal yang positif COVID-19 setelah Saliou Ciss, Bamba Dieng, Mame Baba Thiam, Pape Matar Sarr, Nampalys Mendy dan kiper kedua Alfred Gomis juga harus bertahan di Dakar karena positif COVID-19 sementara timnya bertolak ke Kamerun.

Ismaila Sarr, yang akhirnya dipulangkan dari Watford, masih dibekap cedera, sebagaimana juga Abdoulaye Seck, membuat pelatih kepala Aliou Cisse hanya punya skuat berisikan 17 pemain di timnas Senegal.

"Ini situasi yang sulit dan kompleks. Tapi kami akan berusaha tampil kompetitif dan itu misi mereka yang bermain di tengah absennya sejumlah nama," kata Cisse dalam jumpa pers di Bafoussam, Minggu.

"Kami akan tetap menyongsong laga melawan Zimbabwe dengan penuh kepercayaan diri," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ismaila Sarr bela Senegal di Piala Afrika

Konfederasi sepak bola Afrika, CAF, memberlakukan peraturan ketat terkait COVID-19 di Piala Afrika kali ini.

Apabila seorang pemain dites positif mereka tidak akan diizinkan berangkat ke stadion atau bertanding, tetapi tim tetap harus bermain selama memiliki 11 pemain yang sehat, bahkan apabila tidak ada seorang pemain pun berposisi kiper.

Sedangkan tim yang tidak memiliki 11 pemain untuk bertanding akan dinyatakan kalah otomatis dengan skor 0-2 dari lawannya.