Dompet Dhuafa dukung pendidikan penyintas bencana Gunung Semeru

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa dukung pendidikan penyintas bencana Gunung Semeru

Dompet Dhuafa dukung pendidikan penyintas bencana Gunung Semeru

Dompet Dhuafa dukung pendidikan  penyintas bencana Gunung Semeru. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Lumajang (ANTARA) - Dompet Dhuafa melalui tim pendidikan Lembaga Pengembangan Insani (LPI) menggelar layanan pendidikan untuk penyintas bencana awan panas guguran (APG) Semeru di Sekolah Pembelajaran Darurat DD Negeri Supiturang 04 yang beralamat di Jl. Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jumat (07/1/2022).

Layanan pendidikan Dompet Dhuafa telah dilakukan semenjak Selasa (21/12/2021) di titik pengungsian yang tersebar di Candipuro dan Pronojiwo. 

Adapun materi pendidikan yang diberikan berupa belajar membaca, menulis, menghitung, dan permainan interaktif tebak gambar, serta praktik magical science experiment.

"Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dalam setiap respons kebencanaan selalu melakukan asesmen menyeluruh. Mulai dari kebutuhan fisik seperti sandang, papan, pangan dan kebutuhan non-fisik salah satunya ialah pendidikan. Sehingga melalui unit pendidikan Dompet Dhuafa, kami bermaksud memberikan layanan pendidikan bagi yang tidak bisa mengenyam pendidikan di masa paska bencana, "terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa. 

Adapun penerima manfaat terdiri dari anak-anak yang berada di jenjang kelas 1 hingga 6. 

Sampai saat ini, terdapat 174 penerima manfaat yang mendapatkan layanan pendidikan Dompet Dhuafa.

" Wah Bu Guru, warnanya berputar-putar," ungkap salah satu siswa saat mencelupkan cotton bud yang diolesi pewarna ke dalam cairan susu.

Hingga kemarin berdasarkan laporan per 27 Desember, DMC Dompet Dhuafa telah memberikan layanan bagi penyintas bencana APG Semeru berupa SAR-Evakuasi, Pos Hangat (1.150 penerima manfaat), Dapur Umum (3.323 penerima manfaat), 

Dapur Keliling (1.300 penerima manfaat), Layanan Kesehatan (1.603 penerima manfaat), Pojok Laundry (175 penerima manfaat), Psychological First Aid /PFA (416 penerima manfaat), 

Potong Rambut (14 penerima manfaat), dan layanan WASH berupa pemberian tempat sampah serta Aksi Bersih Itu Sehat dengan total penerima manfaat mencapai 367 orang.

Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR (INF)