Petenis Ceko Voracova gabung dengan Djokovic di rumah detensi Australia

id Voracova,Djokovic,Australian Open

Petenis Ceko Voracova gabung dengan Djokovic di rumah detensi Australia

Arsip foto - Petenis Ceko Renata Voracova melakukan tembakan melawan Alison Riske dari Amerika Serikat selama kualifikasi di turnamen tenis Rogers Cup di IGA Stadium, Montreal, Quebec, Kanada, pada 4 Agustus 2018. (USA TODAY Sports/Jean-Yves Ahern)

Renata Voracova berada dalam penahanan (fasilitas) yang sama dengan Djokovic, bersama dengan beberapa pemain tenis lainnya, di Melbourne, kata kementerian tersebut

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Ceko mengatakan bahwa petenis Ceko Renata Voracova, Jumat, ditempatkan di fasilitas penahanan atau rumah detensi yang sama dengan Novak Djokovic menjelang Australian Open.

"Renata Voracova berada dalam penahanan (fasilitas) yang sama dengan Djokovic, bersama dengan beberapa pemain tenis lainnya, di Melbourne," kata kementerian tersebut, dikutip dari AFP.

Kementerian Luar Negeri Ceko memprotes penahanan tersebut tetapi Voracova, peringkat 81 dunia, telah setuju untuk meninggalkan Australia dan tidak ambil bagian dalam turnamen Open "karena pilihan pelatihannya terbatas."

Baca juga: Petenis Djokovic ditempatkan bersama para pencari suaka di hotel Australia

Djokovic yang skeptis terhadap vaksin memasuki Australia pekan ini dengan pengecualian dari peraturan pembatasan perjalanan yang ketat karena pandemi.

Namun, petenis nomor satu dunia itu ditempatkan di sebuah hotel detensi imigrasi di Melbourne dan visanya dicabut menunggu keputusan pengadilan tentang masa tinggalnya, yang diharapkan digelar Senin.

Djokovic (34) sedang mencari rekor gelar Grand Slam ke-21 di Australian Open, yang dimulai pada 17 Januari.

Voracova yang berusia 38 tahun, spesialis ganda, menurut harian Sport Ceko, juga masuk dengan pengecualian karena dia baru saja pulih dari COVID-19.

Baca juga: Australia tolak dispensasi visa petenis nomor satu dunia Djokovic

Voracova sudah bermain di ajang WTA Melbourne bersama Katarzyna Piter dari Polandia pekan ini, tetapi mereka tersingkir pada babak pertama.

Harian Sport Ceko melaporkan bahwa masuknya Voracova ke Australia "ditinjau kembali."

Kementerian Luar Negeri Ceko mengatakan Konsulat Jenderal Ceko di Sydney sedang menangani situasi tersebut.

"Sejauh yang kami tahu, dia terbukti aman dengan izin hak untuk bermain," kata kementerian.