Gubernur Arinal: Pertumbuhan ekonomi Lampung semakin membaik

id gubernur lampung, arinal djunaidi,pertumbuhan ekonomi, covid,pertumbuhan ekonomi lampung

Gubernur Arinal: Pertumbuhan ekonomi Lampung semakin membaik

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. ANTARA/HO

Pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II mencapai kondisi tertinggi sebesar 6,82 persen di atas capaian nasional.
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan meskipun pandemi COVID-19 belum berakit, indikator pertumbuhan ekonomi di daerah ini terus semakin membaik. 

Sampai dengan Semester 1 Tahun 2021 ekonomi Lampung tumbuh positif dibandingkan dengan tahun 2020. 

"Pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II mencapai kondisi tertinggi sebesar 6,82 persen di atas capaian nasional serta inflasi yang tetap terkendali. Juga ditandai dengan nilai tukar petani yang mulai membaik pada bulan Desember 2021 sebesar 106,29," ujar Arianal, di Bandarlampung, Kamis.

Arinal menjelaskan nilai ekspor Provinsi Lampung juga mengalami peningkatan. Pada Triwulan III-2021 meningkat 29,27 persen jika dibandingkan Triwulan II-2021. 

"Sedangkan jika dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2020, nilai ekspor Provinsi Lampung mengalami peningkatan sebesar 71,95 persen," katanya lagi. 

Kemudian, untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung tahun 2021 sebesar 69,90 yang meningkat dari tahun 2020 yaitu 69,69. 

"Selain itu penurunan persentase penduduk miskin Provinsi Lampung selama 5 tahun menunjukkan tren yang cukup baik," katanya pula. 

Gubernur Lampung menjadi salah satu dari 9 Gubernur yang memiliki kinerja positif atas keberhasilan dalam membangun Lampung. 

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan, seperti Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dari Kementerian Dalam Negeri yang telah menyelesaikan secara tepat waktu dan mencapai 100 persen. 

Kemudian, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2021, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2021 Terbaik, Penghargaan Terbaik Pengelolaan APBD tingkat nasional serta 7 kali berturut-turut memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga kinerja pembangunan daerah dapat berjalan secara baik di tahun 2021 untuk mewujudkan ekspektasi positif pembangunan daerah kita ke depan," kata Arinal pula.
Baca juga: BI perkirakan ekonomi Lampung terus membaik
Baca juga: Lampung harapkan proyek strategis nasional pacu pertumbuhan ekonomi