Tol Trans-Sumatera dilintasi satu juta kendaraan pada Natal-Tahun Baru

id tol trans sumatera,hutama karya,natal dan tahun baru

Tol Trans-Sumatera dilintasi satu juta kendaraan pada Natal-Tahun Baru

Pintu Kota Baru Jalan Tol Trans Sumatera (ANTARA/Hisar Sitanggang

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih dari satu juta kendaraan melintasi Jalan Tol Trans-Sumatera atau JTTS selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan volume lalu lintas (VLL) pada Rabu (22/12/2021) hingga Kamis (30/12/2021) yakni sebanyak 1.055.132 kendaraan melintas di JTTS. Adapun angka tersebut merupakan akumulasi dari total VLL keseluruhan ruas JTTS yang dikelola perusahaan.

“Puncak arus kendaraan yang masuk ke JTTS di Gerbang Tol Bakauheni Selatan terjadi sebelum perayaan Natal dan arus balik ke Pulau Jawa melewati gerbang tol yang sama pada hari Minggu kemarin (2/1/2022) dengan jumlah kendaraan sebanyak 6.488 kendaraan,” kata Koentjoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini, trafik kendaraan tertinggi pada arah JTTS terjadi pada Rabu (22/12/2021) dengan volume di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan yang merupakan pintu awal masuk JTTS mencapai 7.328 kendaraan. Sedangkan untuk trafik arus balik dengan lonjakan tertinggi terjadi pada Minggu (2/1/2022).

Lebih lanjut Koentjoro menyampaikan bahwa pada momen Tahun Baru 2022 juga dilakukan kegiatan CSR berupa pembagian 1.600 COVID kit secara serentak di jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya.

“Masing-masing COVID kit tersebut berisikan goodie bag ramah lingkungan, 10 masker medis dan satu handsanitizer. Kami berharap dengan dilakukan pembagian ini dapat mengantisipasi terjadinya penularan virus COVID di lingkungan jalan tol dan rest area yang dikelola serta menjadi pengingat kepada pengguna jalan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujar Koentjoro.

Hutama menghimbau pengguna jalan mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan kartu uang elektronik hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang terdapat fitur cek saldo dan juga top up.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022