14 ribu penumpang tinggalkan Jakarta dengan kereta api pada H-1 Natal

id kereta api,ka jarak jauh,pt kai

14 ribu penumpang tinggalkan Jakarta dengan kereta api pada H-1 Natal

Suasana antrian pengecekan tiket dan syarat perjalanan penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta, pada Jumat (24/12). (Adimas Raditya)

Menghadapi masa libur Natal dan menjelang Tahun Baru, tiket kereta masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan, KAI melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus COVID-19 sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini, kata Jo

Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memberangkatkan sebanyak 14,079 penumpang pada H-1 Natal, atau Jumat 24 Desember 2021.

"Berdasarkan data penumpang KA Natal dan Tahun Baru, pada hari ini Daop 1 Jakarta memberangkatkan 14,079 penumpang dari dua stasiun," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Eva menjelaskan, volume penumpang dari Stasiun Gambir mencapai 6.055 penumpang, dengan 29 kereta api (KA).

Kemudian, untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 8.024 penumpang dengan jumlah 21 KA.

Baca juga: KAI Tanjungkarang tetap operasikan KA penumpang sesuai prokes saat Natal dan tahun baru

Adapun, kedatangan kereta api yang masuk ke wilayah Daop 1 Jakarta, sebanyak 4.390 penumpang di Stasiun Gambir dan sebanya 4.108 penumpang di Stasiun Pasar Senen.

"Jumlah tersebut masih terhitung normal di masa pandemi, pada saat sebelum pandemi untuk Natal dan Tahun Baru dari Daop 1 Jakarta dapat memberangkatkan sampai 83 KA per hari total dari Gambir dan Pasar Senen, dengan rata-rata penumpang per hari mencapai sekitar 40 ribu," ujarnya.

Sementara itu, VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan pergerakan masyarakat pengguna kereta api masih relatif stabil, belum ada peningkatan yang sangat signifikan.

Joni menyebut, tiket yang terjual pada momen libur akhir pekan dan libur Natal pada 24-26 Desember 2021 mencapai 32.053 pelanggan per hari atau 40 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan.

Baca juga: Jelang Natal, penumpang di Terminal Kampung Rambutan naik

"Menghadapi masa libur Natal dan menjelang Tahun Baru, tiket kereta masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan, KAI melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus COVID-19 sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini," kata Joni.

Ia mengatakan, KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), KA Malabar (Bandung - Malang pp), dan lainnya.