BRI beri donasi Rp100 juta dari lelang produk UMKM ke Sahabat UMKM

id UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021,BRI

BRI beri donasi Rp100 juta dari lelang produk UMKM ke Sahabat UMKM

Tangkapan layar penyerahan donasi Rp100 juta yang berasal dari hasil lelang kolaborasi produk UMKM dengan desainer dari BRI ke komunitas Sahabat UMKM. (ANTARA/YouTube BRI)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan donasi Rp100 juta yang berasal dari hasil lelang produk UMKM kolaborasi desainer kenamaan kepada komunitas Sahabat UMKM.

“Seluruh hasil lelang produk kolaborasi ini akan didonasikan kepada komunitas sahabat UMKM untuk membantu pengembangan UMKM,” kata Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto dalam Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang dilaksanakan secara daring, Kamis.

Amam menyampaikan hasil lelang karya kolaborasi produk UMKM BRI dengan standar nasional tersebut telah dilaksanakan pada acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 melalui website www.brilianpreneur.com.

Kegiatan kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk pendampingan BRI kepada UMKM untuk meningkatkan kualitas produk melalui inovasi dengan harapan produk yang dihasilkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis UMKM dan produk kolaborasi yang dihasilkakn.

Produk UMKM hasil kolaborasi desainer ternama seperti Didiet Maulana, Auguste Soesastro, Alyza Bachmid, hingga Roland Adam telah menghasilkan 10 produk special edition yang terdiri dari produk fashion, aksesoris dan home decor.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Komunitas Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri mengatakan komunitasnya merupakan komunitas independen yang memiliki tujuan untuk menjadi jembatan bagi para pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang selama pandemi COVID-19.

“Saat ini UMKM dipaksa untuk terus berinovasi bukan hanya produk tapi juga kompetensi diri, dunia digital menjadi hal utama jika ingin tetap survive,” ujarnya.

Ia bersyukur sahabat UMKM dibantu oleh banyak pihak mulai dari pemerintah melalui jajaran kementerian serta instansi swasta yang bersama-sama menguatkan UMKM. Termasuk upaya BRI yang menghasilkan program-program positif dengan tujuan membangun kekuatan para UMKM.

“Program BRILIANPRENEUR BRI bukan hanya berhasil menumbuhkan produk para pelaku UMKM tapi juga berhasil meningkatkan kompetensi para individu UMKM itu sendiri. Semoga apa yang dilakukan oleh bank BRI dapat terus menghasilkan UMKM yang bukan hanya nasional tapi dapat menguasai pasar internasional,” kata Faisal.

Adapun pada penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI turut memberikan penghargaan kepada sejumlah pelaku UMKM dan pembeli, seperti Top Deals in Business Matching, Best Newcomer in Business Matching, The Highest Business Matching Acitivity, dan The Highest Deal Commitment.