PT XL Axiata luncurkan Desa Digital Nusantara

id xl axiata,kkp

PT XL Axiata luncurkan Desa Digital Nusantara

Direktur Kenelayanan dan Perizinan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ridwan Maulana (baju putih) didampingi Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir (kanan) usai peluncuran Program Desa Digital Nusantara di Karawang, Jawa Barat. ANTARA/Ahmad Wijaya

Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan program Desa Digital Nusantara/DDN yang bertujuan mendorong pemberdayaan dan komunitas melalui adopsi teknologi digital ke seluruh eleman kehidupan di desa.

"Digitalisasi merupakan salah satu tujuan pemerintah sebagai upaya membantu nelayan untuk bisa lebih sejahtera," kata Direktur Kenelayanan dan Perizinan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ridwan Maulana di Karawang, Jawa Barat, Kamis.

Hal itu dikatakan saat peluncuran DDN yang diinisiasi PT XL Axiata Tvk (XL Axiata) di Desa Tanjung Pakis, Karawang.

Dikatakan, KKP memang memiliki tujuan meningkatkan sumber daya manusia khususnya nelayan dalam upaya bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat sebelum, sedang, dan sesudah di laut.

Untuk sebelum di laut, katanya, nelayan bisa mengetahui informasi mengenai kondisi cuaca dan keamanan di laut.

Saat di laut nelayan bisa melacak keberadaan ikan yang akan ditangkap, sedangkan sesudah di laut nelayan bisa memasarkan dan menjual ikan ke pembeli.

"Itu semua membutuhkan kemajuan teknologi dan tentunya nelayan bisa memanfaatkan digitalisasi secara optimal," katanya.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan saat ini masyarakat dan melalui program ini berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital.

"Implementasi program ini sekaligus menjadi wujud dukungan kami kepada upaya pemerintah mengakselerasi adopsi digital oleh masyarakat hingga ke pelosok pedesaan," kata Baasir.

Perusahaan, katanya, memastikan program DDN ini akan berkelanjutan.

Menurutnya, perusahaan berkomitmen kuat untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan seiring dengan pembangunan jaringan internet cepat 4G yang semakin luas.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan program ini juga merupakan upaya perusahaan agar masyarakat lebih melek digital yang tujuannya untuk lebih baik dan sejahtera.

"Perusahaan sudah sejak dua tahun yang lalu meluncurkan program seperti ini dan tentunya akan berlanjut ke tempat lain," kata Tri.

Pada kesempatan ini, XL Axiata mendapatkan dukungan dari KKP, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kabupaten Karawang.

Selain itu, turut memberikan dukungan juga adalah dua perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Google Indonesia dan Facebook Indonesia.