Sebanyak 20 ribu warga OKU Sumsel diusulkan dapat bansos

id Bantuan sosial, bansos sembako, warga OKU, Dinas Sosial OKU

Sebanyak 20 ribu warga OKU Sumsel diusulkan dapat bansos

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos OKU M. Kholik. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 20 ribu warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan diusulkan mendapat bantuan sosial (bansos), berupa sembako seperti beras, tepung terigu, dan gula pasir dari pemerintah pada akhir 2021.

"Sekarang baru tahap usulan dan kita cek dulu ketersediaan anggarannya. Jika dananya ada, maka bantuannya akan kami salurkan pada Desember 2021," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU) M. Kholik di Baturaja, Senin.

Namun, kata dia, kalau dananya tidak tersedia tahun ini maka bansos akan direalisasikan kepada masyarakat di 13 kecamatan di Kabupaten OKU pada 2022.

"Kami juga berharap dananya ada, karena bantuan ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19," kata dia.

Rincian bantuan akan diberikan kepada setiap warga itu beras sebanyak 15 kilogram, tepung terigu tiga kilogram, gula pasir tiga kilogram, dan minyak goreng tiga kilogram.

Bantuan sembako ini diberikan kepada masyarakat menengah ke bawah, seperti tukang ojek, penjual gorengan dan pedagang kecil lainnya yang perekonomiannya terdampak pandemi COVID-19.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi virus corona.

"Warga yang menerima bantuan ini yang sudah terdata sebelumnya di Dinas Sosial OKU. Doakan saja bansos bisa dibagikan pada akhir tahun nanti," ujarnya.