PT Telkom mempercepat digitalisasi Sulut dengan PaDi UMKM

id PT Telkom, PaDI UMKM, Pemprov Sulut

PT Telkom mempercepat digitalisasi Sulut dengan PaDi UMKM

Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey usai kegiatan audiensi Telkom dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara guna mendukung Digitalisasi Pemerintahan dan UMKM, Manado, Sulut. ANTARA Foto/HO-Humas Telkom

Dengan solusi Satu Data dan PaDi UMKM, dapat semakin mempercepat geliat ekonomi masyarakat dan daerah Sulawesi Utara, kata Fajrin.

Makassar (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) mempercepat digitalisasi di Provinsi Sulawesi Utara dengan Satu Data Indonesia dan Pasar Digital (PaDi) UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di lingkup pemerintah provinsi dan kota/kabupaten.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid melalui keterangan persnya yang diterima di Makassar, Sabtu mengatakan Telkom terus mengakselerasi transformasi digital yang tengah dilakukan.

Kehadiran beragam solusi dan layanan digital milik Telkom merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat digitalisasi ekosistem dan masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

"Terima kasih atas kesediaan Pemprov Sulawesi Utara yang menyambut baik inisiatif digitalisasi Telkom di provinsi nyiur melambai ini," katanya usai menyaksikan teken Minute of Meeting (notulensi) Satu Data.

Kegiatan itu dihadiri General Manager Witel Sulut Malut Lonely Baringin Mangaranap dengan Pemprov Sulawesi Utara, Pemkot Manado, Pemkot Tomohon dan Pemkab Minahasa Utara, diwakilkan oleh kepala pemerintahan masing-masing daerah.

"Kami meyakini bahwa dengan digitalisasi ini diharapkan dapat menjadikan tak hanya provinsi Sulawesi Utara tapi juga seluruh Indonesia lebih baik lagi dengan ekonomi digital nasional terkuat di Asia Tenggara,” ujar Fajrin.

Telkom memiliki PaDi UMKM yaitu ekosistem berbasis platform digital yang berfungsi untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang untuk memperoleh transaksi dan pembiayaan dari BUMN.

PaDi UMKM merupakan inisiatif Kementerian BUMN yang didukung oleh beberapa BUMN dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dalam rangka mendorong terwujudnya kedaulatan digital nasional, secara aktif terus mendukung digitalisasi di berbagai sektor melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital, salah satunya adalah sektor pemerintahan.

Berbagai solusi dan layanan dihadirkan bagi pemerintahan baik pusat maupun daerah demi memudahkan aktivitas dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Dengan solusi Satu Data dan PaDi UMKM, dapat semakin mempercepat geliat ekonomi masyarakat dan daerah Sulawesi Utara," kata Fajrin.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara siap untuk bersinergi bersama Telkom dalam rangka mendigitalisasi Sulawesi Utara.

"Ini sejalan dengan misi Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022 yang berfokus pada pengembangan digital untuk menghadapi ketidakpastian dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Untuk mendukung Pemprov Sulawesi Utara dalam pengelolaan data yang terintegrasi, Telkom menyediakan digitalisasi Satu Data melalui BigBox, platform full stack big data untuk korporasi dan pemerintah.

Platform BigBox dilengkapi dengan kemampuan untuk menjadi repository yang mendukung pengolahan data yang terstandarisasi dalam memberikan dukungan khususnya program Satu Data Indonesia.

Hal ini memungkinkan pemerintah untuk menyatukan data yang tersebar dalam Satu Manajemen Data, serta pengambilan dan pengelolaan data eksternal untuk memperkaya data internal.