PT Antam beri kontribusi kepada negara Rp1,63 triliun pada 2021

id Antam,beri kontribusi

PT Antam beri kontribusi kepada negara Rp1,63 triliun pada 2021

Ilustrasi - Karyawan menunjukan emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc).

Jakarta (ANTARA) - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memberi kontribusi kepada negara dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan dividen sebesar Rp1,63 triliun pada triwulan III 2021.

"Tahun ini Antam memiliki kinerja yang solid. Dengan arus kas yang mencapai Rp4,8 triliun, Antam mampu menghasilkan laba bersih Rp1,71 triliun dan kontribusi kepada negara Rp1,63 triliun," kata Direktur Utama PT Antam Tbk Dana Amin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 

Ia menyebut kontribusi dalam bentuk royalti, PNBP, dan dividen tersebut tidak mengganggu catatan hasil laba yang dihasilkan perusahaan.

"Nilai laba yang diperoleh Antam selama sembilan bulan ini sudah di luar dari kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan, termasuk pencatatan kontribusi kepada negara. Untuk dividen biasanya dikeluarkan terakhir," tambahnya.

Dana menjelaskan dengan cash Rp4 triliun yang dimiliki perusahaan, pembayaran dividen di akhir tidak akan menjadi masalah.

"Secara bisnis cash kondisi perusahaan sangat baik. Uang yang ada mencukupi untuk membayar semua kewajiban dan sisanya masih banyak," katanya.

Kontribusi ini juga disampaikan Dirut Antam Dana Amin saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI pada 2 Desember 2021. Sejumlah anggota dan pimpinan komisi VI DPR pun mengapresiasi capaian tersebut.

Apresiasi serupa juga diungkapkan Pengamat Hukum Energi dan Pertambangan Universitas Tarumanegara Ahmad Redi. Menurutnya, capaian PT Antam dan kontribusinya terhadap negara patut diapresiasi, apalagi di tengah pandemi COVID-19.

"Saya kira, semua perusahaan negara, termasuk Antam terdampak COVID-19. Namun Antam seperti tak terpengaruh COVID-19, karena tetap mampu menghasilkan laba yang cukup besar dan dividen pada negara juga cukup besar. Saya kira itu bagian dari pencapaian yang harus diapresiasi," kata Redi kepada wartawan.

Menurut Redi, terlepas masih adanya kritik dan perlunya peningkatan kinerja, apa yang dihasilkan Antam dari laba sepanjang 2021 ini tetap harus diapresiasi.

"Apa yang dihasilkan Antam saya kira cukup signifikan ya, dengan ada kenaikan laba di semester terakhir ini. Jadi ini saya kira satu hal yang positif," katanya.

Uploader : Angga Pramana