BBWS Mesuji Sekampung-Kementrian PUPR tanam 5.100 pohon di Way Sekampung

id lampung, pringsewu

BBWS Mesuji Sekampung-Kementrian PUPR tanam 5.100 pohon di Way Sekampung

Hari Bakti PUPR ke-76, BBWS mesuji sekampung Kemen PUPR tanam 5.100 pohon di Way Sekampung (ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu)

Selain untuk penghijauan dan manfaat buah yang dihasilkan, ada banyak manfaat lain dari menanam pohon, yakni mulai dari membersihkan udara agar menjadi lebih segar, mengurangi dampak perubahan iklim dimana pohon juga bisa membantu mengurangi kadar ka

Bandarlampung (ANTARA) - Memperingati Hari Bakti PUPR ke-76, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung bersama Kementerian PUPR melakukan kegiatan penanaman 5.100 pohon di Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Rabu (1/12/21).

Menurut Kepala BBWS Mesuji Sekampung Alexander Lida, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Kementerian PUPR dan BBWS Mesuji Sekampung dalam mengkonservasi hutan yang sebelumnya telah banyak ditebang saat proses pembangunan Bendungan Way Sekampung.

“Sebetulnya sudah belasan ribu pohon yang telah ditanam, namun dalam kegiatan kita kali ini ada 5.100 pohon yang ditanam, terdiri dari berbagai jenis diantaranya pohon tin dan zaitun,” katanya.

Baca juga: Pasar pagelaran menjadi replikasi pasar aman di kabupaten pringsewu

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Kementerian PUPR - BBWS Mesuji Sekampung, sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan alam.

“Selain untuk penghijauan dan manfaat buah yang dihasilkan, ada banyak manfaat lain dari menanam pohon, yakni mulai dari membersihkan udara agar menjadi lebih segar, mengurangi dampak perubahan iklim dimana pohon juga bisa membantu mengurangi kadar karbondioksida di udara secara siginifikan dan melepas oksigen ke udara,” ujarnya.

Karena itu, selain untuk mencegah terjadinya perubahan iklim, kata bupati, pohon juga sebenarnya membantu manusia bertahan hidup.

“Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak cucu kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakitm,” kata Sujadi.

Baca juga: Pemprov Lampung lakukan fasilitasi survei usaha pertambangan di Pringsewu

Selain itu, Bupati Pringsewu juga berharap melalui momentum Hari Bakti PUPR ke-76 ini, PUPR akan semakin solid dan dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kegiatan penanaman 5.100 pohon tersebut, juga dihadiri Kadis Pengelolaan Sumberdaya Air Provinsi Lampung Budi Dharmawan, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Dandim beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda serta elemen masyarakat lainnya. Beberapa tempat yang menjadi lokasi penanaman pohon tersebut, di antaranya kawasan Dermaga PODSI dan Pulau Ratu Banjar.