Harga kelapa sawit di Mukomuko turun

id Mukomuko,harga kelapa sawit

Harga kelapa sawit di Mukomuko turun

Petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko sedang memanen tandan buah segar kelapa sawit miliknya, Jumat (27/8/2021). ANTARA/Ferri.

Mukomuko (ANTARA) - Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mulai turun berkisar Rp40- Rp70 per kilogram, Sabtu, diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dunia.

“Harga sawit di sebagian besar pabrik hari ini turun sebesar Rp40 hingga Rp70 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu, setelah mendapatkan data harga tandan buah segar kelapa sawit sejak beberapa hari terakhir dari sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Ia menyatakan, meskipun harga pembelian TBS kelapa sawit oleh sebagian besar pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini turun dibandingkan dengan harga sawit tujuh hari yang lalu, namun harga pembelian TBS kelapa sawit ini oleh pabrik rata-rata masih di atas Rp3.000 per kg.

Ia menyebutkan, harga jual tandan buah segar kelapa sawit yang paling rendah di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi, yakni sebesar Rp1.950 per kg, dan harga jual buah sawit yang paling tinggi di dua pabrik yakni PT Usaha Sawit Mandiri PT Gajah Sakti Sawit masing-masing Rp3.080 per kg.

Dia menyebutkan, harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas turun dari sebesar Rp3.110 per kg menjadi Rp3.040 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari turun dari sebesar Rp3.080 per kg menjadi Rp3.010 per kg.

Kemudian harga sawit di PT Sentosa Sejahtera Sejati turun dari sebesar Rp3.040 per kg menjadi Rp3.000 per kg, harga sawit di PT Surya Andalan Primatama turun dari sebesar Rp3.000 per kg menjadi Rp2.980 per kg, harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo turun dari sebesar Rp3.080 per kg menjadi Rp3.010 per kg.

Lalu harga sawit di PT Daria Dharma Pratama turun dari sebesar Rp3.090 per kg menjadi Rp3.020 per kg, harga sawit di di PT Bumi Mentari Karya turun dari sebesar Rp3.150 per kg menjadi Rp3.070 per kg, harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit turun dari sebesar Rp3.150 per kg menjadi Rp3.080 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari sebesar Rp3.130 per kg menjadi Rp3.080 per kg.

Ia berharap harga pembelian TBS kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mengalami peningkatan agar kesejahteraan petani sawit setempat semakin baik.