Jasa Raharja raih Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021

id Jasa raharja, penghargaan jasa raharja

Jasa Raharja raih Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021

PT Jasa Raharja meraih penghargaan pada ajang Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021 (ANTARA/HO-Jasa Raharja)

Bandarlampung (ANTARA) - Bisnis Indonesia memberikan penghargaan kepada Jasa Raharja dalam acara Bisnis Indonesia Top BUMN Awards 2021 di Jakarta belum lama ini.

Dirut PT Jasa Raharja. Rivan Achmad Purwantono meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Top CEO in Strategic Leadership untuk klaster BUMN keuangan dan Top BUMN untuk klaster BUMN non keuangan.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Direktur Keuangan PT Jasa Raharja Myland yang meraih penghargaan sebagai Top CFO in Cost Efficiency and Productivity Program untuk kategori klaster BUMN keuangan. 

Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri atas Ketua Dewan Juri mantan Menteri ESDM Ignatius Jonan dan masing-masing anggota, yakni bankir senior Arwin Rasyid dan Presiden Direktur Bisnis Indonesia Lulu Terianto.

Direktur Utama PT Jasa Raharja mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara serta dewan juri atas penghargaan yang diberikan kepada PT Jasa Raharja.

“Sebagai perusahaan asuransi milik negara, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja dari insan Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat” ujarnya. 

Lebih lanjut, Rivan juga menjelaskan bahwa saat ini Jasa Raharja sedang melakukan transformasi digital pada sektor pelaksanaan program intensifikasi pendapatan bersama mitra kerja, penerapan operational excellence yang berpedoman dengan governance risk compliance, sektor pendapatan, pengelolaan investasi yang aman, pengembangan human capital yang unggul, serta efisiensi biaya yang dilakukan oleh manajemen. 

Direktur Keuangan PT Jasa Raharja Myland juga turut menyampaikan efisiensi dan peningkatan produktivitas menjadi faktor utama bagi Jasa Raharja untuk dapat melewati masa pandemi COVID-19.

Selama semester I-2021, Jasa Raharja melakukan berbagai efisiensi, sehingga total biaya usaha perusahaan turun sebesar 14,58 persen menjadi sebesar Rp1,74 triliun dibandingkan dengan biaya usaha periode yang sama tahun lalu sebesar Rp2,03 triliun. Hal ini membuat total pendapatan Jasa Raharja tumbuh sebesar 6,03 persen atau senilai Rp2,75 triliun, sedangkan beban klaim/santunan hingga Juni 2021 tercatat sebesar Rp1,15 triliun atau naik 1,56 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,11 triliun. 

Alhasil, PT Jasa Raharja mampu mencetak kinerja positif di tengah pandemi COVID-19, berupa peningkatan laba bersih sebesar 77,14 persen atau sebesar Rp887,84 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp495,56 miliar.  

PT Jasa Raharja yang tergabung grup holding Perasuransian dan Penjaminan (Indonesia Financial Group/IFG) senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat sebagai perwujudan negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan.