Lampung terus tingkatkan cakupan vaksinasi COVID-19

id Corona Lampung, COVID Lampung, vaksinasi lampung

Lampung terus tingkatkan cakupan vaksinasi COVID-19

Vial vaksin COVID-19 dalam vaksinasi COVID-19 di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar ketersediaan vaksin pun ada, sehingga tidak ada kendala saat vaksinasi di daerah, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan tetap berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di daerahnya untuk mencapai target yang telah ditentukan.

"Kita akan terus mencoba menambah cakupan vaksinasi COVID-19 di Lampung, mudah-mudahan dapat mencapai target yang ditentukan pada akhir tahun," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama telah mencapai 60 persen dari total sasaran vaksinasi sebanyak 6.645.226 orang.

"Dosis pertama sudah sekitar 60 persen lebih jadi akan ditingkatkan, untuk vaksin dosis kedua pun akan coba dikejar targetnya," ucapnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Lampung giatkan kembali program imunisasi rutin

Menurutnya, untuk terus meningkatkan cakupan vaksinasi sesuai target yakni minimal 70 persen pada akhir tahun, Pemerintah Provinsi Lampung akan terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat dalam menambah jumlah ketersediaan vaksin bagi Lampung.

"Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar ketersediaan vaksin pun ada, sehingga tidak ada kendala saat vaksinasi di daerah," katanya.

Dia melanjutkan, selain itu pihaknya pun akan terus menyiapkan tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator di setiap sentra vaksinasi.

"Kita tetap sediakan petugas kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator untuk siap sedia memvaksinasi warga yang belum di vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: Polda Lampung percepat vaksinasi melalui gerai-gerai Presisi antisipasi lonjakan

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Minggu (28/11/2021) dari jumlah sasaran 6.645.226 orang yang terdiri dari enam kategori sasaran vaksinasi.

Telah ada 63,56 persen atau sekitar 4.223.753 orang yang telah divaksinasi dosis kesatu, sedangkan untuk dosis kedua telah ada 2.271.282 orang atau sekitar 34,18 persen yang memperoleh vaksin COVID-19 di Lampung.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022