Kadin siap fasilitasi UMKM Lampung naik kelas melalui ekspor produk lokal

id UMKM Lampung, UMKM naik kelas

Kadin siap fasilitasi UMKM Lampung naik kelas melalui ekspor produk lokal

Ilustrasi- Pelaku UMKM Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Kami terus bersinergi dengan pelaku UMKM di Lampung agar mereka bisa naik kelas, dengan memperluas pemasaran produk
Bandarlampung (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung siap memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah ini untuk naik kelas dengan memperluas pasar ekspor produk lokal.

"Kami terus bersinergi dengan pelaku UMKM di Lampung agar mereka bisa naik kelas, dengan memperluas pemasaran produk," kata Ketua Kadin Lampung versi Eddy Ganefo, Firman Jaya, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, hal tersebut menjadi upaya untuk membangkitkan perekonomian daerah di tengah pandemi COVID-19, salah satunya dengan memperluas ekspor produk lokal.

"Kita harus bangkitkan kembali perekonomian salah satunya dengan mendorong UMKM Lampung naik kelas," katanya.

Menurutnya, salah satu upaya mewujudkan UMKM naik kelas, yakni dengan membantu terlaksananya digitalisasi UMKM, memfasilitasi ekspor, serta membantu pembentukan pengemasan produk yang menarik.

"Akan ada bimbingan teknis, membantu dalam pengajuan modal, digitalisasi promosi, serta membantu dalam melakukan ekspor produk," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya pun akan menginventarisir komoditas serta rempah unggulan Lampung menuju pasar ekspor.

"Saat ini sedang pencatatan dan inventarisasi komoditas serta rempah Lampung, yang rencananya akan difasilitasi untuk diekspor," katanya dia.

Ia melanjutkan, dengan difasilitasinya ekspor komoditas, rempah serta produk UMKM Lampung diharapkan akan memperluas pasar produk asli Lampung itu.

"Diharapkan produk UMKM ini bisa di pasarkan secara luas ke depannya, jadi pelaku UMKM bisa sejahtera dan naik kelas," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022