Dinas Kesehatan Lampung giatkan kembali program imunisasi rutin

id imunisasi rutin lampung,imunisasi anak,program vaksinasi

Dinas Kesehatan Lampung giatkan kembali program imunisasi rutin

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Karena pandemi COVID-19 kemarin memang sempat ada keterlambatan pengiriman sejumlah vaksin bagi imunisasi anak, lalu banyak orang tua yang takut juga untuk membawa anak ke posyandu, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menggiatkan kembali pelaksanaan program imunisasi rutin bagi anak, yang sempat terkendala semasa pandemi COVID-19.

"Imunisasi rutin pada anak akan terus dilakukan, meski memang saat pandemi COVID-19 berlangsung ada sejumlah kendala, jadi tidak seperti kondisi normal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandar Lampung, Senin.

"Karena pandemi COVID-19 kemarin memang sempat ada keterlambatan pengiriman sejumlah vaksin bagi imunisasi anak, lalu banyak orang tua yang takut juga untuk membawa anak ke posyandu. Tapi saat ini mulai kita kejar kembali imunisasi rutin bagi anak ini," ia menambahkan.

Reihana menjelaskan, pemerintah menjalankan program imunisasi rutin pada anak guna mencegah penularan penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi seperti polio, campak, dan hepatitis.

Ia menekankan pentingnya peran aktif orang tua dalam pelaksanaan program imunisasi rutin.

"Orang tua jangan lupa membawa anaknya untuk imunisasi rutin. Kemarin memang sempat banyak sekali hambatan karena COVID-19 meningkat, tapi kita saat ini coba agar saat pelaksanaan imunisasi rutin juga menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Dengan imunisasi rutin kita bisa proteksi anak dari beberapa penyakit. Kalau untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak kita masih menunggu arahan selanjutnya," itambahnya.