Brighton kian jauh dari performa gemilang awal musim setelah diimbangi Leeds

id liga inggris,brighton,leeds

Brighton kian jauh dari performa gemilang awal musim setelah diimbangi Leeds

Penyerang Brighton & Hove Albion Juergen Locadia (kiri) berebut bola dengan bek Leeds United Diego Llorente dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Sabtu (27/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Toby Melville)

Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion semakin jauh dari upaya mereka menduplikasi performa gemilang di awal musim ini setelah ditahan imbang 0-0 oleh Leeds United dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu membuat tim besutan Graham Potter kini melewatkan delapan pertandingan terakhir dengan catatan nirmenang, berbanding terbalik dari empat kemenangan yang mereka raih di lima laga awal musim ini.

Sebaliknya, Leeds juga sulit menduplikasi performa apik mereka musim lalu dan sejauh ini meraih dua kemenangan saja dalam 13 pertandingan.

Hasil imbang cukup bagi Brighton untuk naik ke posisi kedelapan dengan 18 poin, menggusur Manchester United (17) yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Leeds tak beranjak dari urutan ke-17 dengan 12 poin, hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Brighton sebetulnya tampil lebih baik ketimbang Leeds di pertandingan kali ini dan lebih banyak menciptakan serangan berbahaya, termasuk umpan matang kiriman Tariq Lamptey yang dibuang sia-sia Neal Maupay delapan menit setelah sepak mula.

Lantas pada menit ke-20 tembakan keras Leandro Trossard dari tepian kotak penalti bisa dimentahkan oleh kiper Illan Meslier ke tiang gawang.

Brighton kembali mendapati peluang mereka ditolak oleh tiang gawang padahal Jakub Moder sudah berhasil menaklukkan Diego Llorente dan Meslier.

Tim tamu sendiri sempat memperoleh peluang bagus untuk mencuri keunggulan pada menit ke-72 saat umpan jauh Pascal Struijk bisa dikejar oleh Tyler Roberts, sayang tembakan sudut sempitnya bisa dihentikan mudah oleh kiper Robert Sanchez.

Lantas pada menit ke-84, giliran peluang Leeds melalui tembakan voli Struijk yang bisa dimentahkan oleh Sanchez ke tiang gawang.

Tiang gawang, agaknya jadi sorotan utama pertandingan ini sebab peluang Brighton merebut kemenangan dua menit jelang bubaran melalui Solly March masih membentur tiang sebelum memantul mengenai Meslier dan keluar dari lapangan.

Di pertandingan selanjutnya, Leeds akan menjamu Crystal Palace di Elland Road pada Selasa (30/11) pekan depan dan sehari kemudian Brighton akan bertandang ke London menghadapi West Ham United.