Dompet Dhuafa Waspada gandeng YKAR jadi mitra zakat

id Dompet Dhuafa Waspada gandeng YKAR jadi mitra zakat

Dompet Dhuafa Waspada gandeng YKAR jadi mitra zakat

Dompet Dhuafa Waspada gandeng YKAR jadi mitra zakat. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Untuk penghimpunan zakatnya kita akan fokus menyalurkan untuk membantu anak-anak yang tidak mampu agar dapat terus bersekolah, semoga bisa berjalan dengan harapan kita, ucap Ari Handoko

Deli Serdang (ANTARA) - Untuk memperluas kiprah zakat di Sumatera Utara, Dompet Dhuafa Waspada terus menggandeng berbagai pihak untuk menjadi Mitra Pengelola Zakat (MPZ). Salah satunya yakni Yayasan Kampoeng Alquran Raya (YKAR) yang berada di jalan besar Glugur Rimbun, Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang. Saat ini YKAR resmi menjadi MPZ ditandai dengan penandatangan MoU, Kamis (25/11).

Pada kegiatan penandatanganan ini, Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada menyampaikan bahwa menggandeng YKAR sebagai MPZ merupakan salah satu tugas Dompet Dhuafa Waspada.

“Sudah menjadi tugas lembaga Dompet Dhuafa Waspada sebagai lembaga penghimpun dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf memiliki tugas untuk terus memperluas kiprah zakat yang dalam hal ini bukan hanya soal penghimpunan namun edukasi kepada masyarakat luas,” ucap Sulaiman.

Baca juga: Dompet Dhuafa Lampung gelar pelatihan persemaian padi sistem modern

Banyaknya MPZ maka semakin memudahkan pula menebarkan syiar Islam terkhusus dalam menunaikan zakat.

“Kita tidak lagi berjalan sendiri-sendiri, perlu adanya sinergi untuk sama-sama melakukan kebaikan syiar Islam ini,” terang Sulaiman.

Sulaiman juga mengatakan bahwa Dompet Dhuafa Waspada terbuka bagi pihak mana saja yang ingin bersinergi termasuk dalam hal penghimpunan zakat ini. “Tentunya ini terbuka ya bagi pihak mana saja yang ingin bersinergi, sama-sama kita gotong royong untuk kebaikan," tambahnya.

Tidak hanya berakhir sebatas penandatanganan MoU, Ketua YKAR, Ari Handoko, MA menyampaikan bahwa usai dilakukan MoU ini ia berencana membuat program unggulan memberdayakan mustahik.

“Rencananya kita ingin membuat sebuah program bentuknya lokasi wisata syariah, di sana nanti akan diberdayakan para mustahik untuk terlibat langsung dan berjualan di lokasinya, kita siapkan lahannya seluas dua hektar,” ungkap Ari Handoko.

Baca juga: Dua dekade LKC Dompet Dhuafa gelorakan Indonesia Sehat

Terkait himpunan dana zakat, ia juga mengatakan bahwa YKAR akan berfokus untuk penyaluran kepada anak yang tidak mampu.

“Untuk penghimpunan zakatnya kita akan fokus menyalurkan untuk membantu anak-anak yang tidak mampu agar dapat terus bersekolah, semoga bisa berjalan dengan harapan kita,” ucap Ari Handoko.

MoU ini berlaku selama dua tahun kedepan terhitung sejak 23 November 2021 hingga 23 November 2023 mendatang.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022