Dinkes Belitung catat empat kasus kematian akibat DBD

id Dinkes Belitung,kematian akibat DBD,Belitung, Babel

Dinkes Belitung catat empat kasus kematian akibat DBD

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono (babel.antaranews.com)

Belitung, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat ada empat kasus kematian akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang tahun 2021 hingga November.

"Kami mencatat sampai saat ini sudah ada empat kasus kematian akibat DBD yang tersebar di sejumlah tempat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, jumlah kasus COVID-19 di daerah hingga minggu keempat November tercatat sebanyak 120 kasus.

Dia menyebutkan, tren kasus DBD di daerah itu mengalami peningkatan dalam berapa waktu terakhir.

"Maka kami imbau masyarakat waspada DBD terutama saat musim penghujan seperti sekarang ini," ujarnya.

Ia mengimbau, masyarakat di daerah itu mewaspadai penyakit DBD saat musim hujan dengan aktif melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terutama di lingkungan tempat tinggal.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumah masing-masing dapat dilakukan dengan menguras, menutup penampungan air, mengubur barang-barang yang berpotensi menampung air dan memantau pertumbuhan jentik di air (4M).

Ia mengatakan, upaya pemberantasan sarang nyamuk juga harus dilakukan di lingkungan sekolah guna mengantisipasi penularan DBD kepada siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Apalagi saat ini pembelajaran tatap muka sudah berjalan maka kebersihan lingkungan sekolah juga harus senantiasa dijaga," kata dia.

Uploader : Angga Pramana