Ada lima sekolah di Aceh Jaya masuk status terpencil

id Aceh jaya,sekolah terpencil,siswa,siswi,pemkab,banda aceh

Ada lima sekolah di Aceh Jaya masuk status terpencil

Para murid SD peserta Seleksi Kompetensi Sain Nasional (KSN) Jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam Kabupaten Aceh Jaya mengikuti apel sebelum mengikuti ujian, Kamis (12/3/2020) ANTARA/HO

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kubupaten Aceh Jaya mencatat ada lima sekolah tersebar di Kecamatan Krueng sabee dan Kecamatan Sampoiniet berstatus terpencil.

“Penilaiannya salah satunya tergantung pada perkembangan suatu desa, karena status terpencil diberikan oleh Kementerian Desa bukan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud),” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Mutawali di Calang, Kamis.

Kategori terpencil tersebut imbas dari terpencilnya desa/gampong tempat sekolah tersebut berdomisili, oleh sebab itu perkembangan suatu Desa keluar dari katagori terpencil itu sangat penting.

Dikatakan, pihaknya terus berupaya untuk keluar dari katagori terpencil dan saat ini memang terus adanya perkembangan dari sebelumnya status Sekolah terpencil di Aceh Jaya ada 30 Sekolah saat ini hanya tinggal lima Sekolah.

“Fasilitas Sekolah terpencil sendiri saat ini masih sama dengan yang tidak terpencil, tidak ada kekurangan hanya saja statusnya yang masih terpencil disebabkan imbas dari Desa yang belum berbenah,” katanya.

Pihaknya berharap Semua daerah bisa keluar dari status terpencil sehingga perkembangan Pendidikan akan terus maju di Aceh Jaya.

Data dari Dinas Pendidikan lima Sekolah terpencil di Aceh Jaya yaitu SD N9 Sampoiniet, jumlah siswa yaitu 21 siswa/i, SDN 10 Sampoiniet jumlah siswa 29 siswa/i, SDN 12 Sampoiniet, jumlah siswa 81 siswa/i, SDN 5 Krueng Sabee 60 siswa/I dan SMP N 2 Krueng sabee, jumlah siswa 56 siswa.

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021