Gubernur: Ekonomi Lampung terus bergerak ke arah positif

id gubernur lampung, arinal djunaidi, ekonomi lampung, bi lampung

Gubernur: Ekonomi Lampung terus bergerak ke arah positif

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (ANTARA/HO)

Ini sudah menjadi pernyataan bahwa BPS yang sudah mengeluarkan informasi, ekonomi Lampung adalah yang tertinggi di Sumatera, kata Arinal

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi daerah ini terus bergerak ke arah positif.

"Perekonomian Lampung pada Triwulan III  2021 telah menunjukkan ke arah pemulihan ekonomi. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik Lampung pertumbuhan ekonomi pada Triwulan III-2021 (yoy) mengalami pertumbuhan sebesar 3,05 persen," kata Arinal pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021 bersama Presiden RI Joko Widodo dengan tema "Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi", di Ruang Auditorium Lt.4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan terus berupaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, kondisi perekonomian nasional, khususnya Provinsi Lampung saat ini terus bergerak ke arah yang positif, seiring dengan tren perbaikan dalam pengendalian COVID-19. 

Baca juga: BI Lampung sebut lima daerah masuk kategori maju elektronifikasi transaksi

"Tentunya hal ini tidak dapat dikerjakan sendiri, tetapi membutuhkan sinergi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota, dunia usaha, Forkopimda, perguruan tinggi, dunia usaha, serta seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat," ujarnya. 

Arinal menyebutkan, perkembangan data-data pertumbuhan ekonomi, inflasi dan lain lain, dapat menjadi indikasi bahwa program-program pembangunan di Provinsi Lampung dapat mendukung pemulihan ekonomi.

Selain itu menjaga stabilitas makro ekonomi juga akan berkontribusi positif terhadap penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan antar kabupaten/daerah.

"Ini sudah menjadi pernyataan bahwa BPS yang sudah mengeluarkan informasi, ekonomi Lampung adalah yang tertinggi di Sumatera," kata Arinal.

Baca juga: Lampung bakal bangun pelabuhan baru perkuat jalur logistik

Di sisi lain,  pihaknya juga sudah meningkatkan produktivitas padi, tertinggi di tingkat nasional dan mengalahkan sentra-sentra penghasil padi seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Ia berharap pada tahun mendatang produktivitas padi bisa meningkat hingga tiga juta ton/tahun.

"Mudah-mudahan ini menjadi stimulus bagi Provinsi Lampung, sehingga Indonesia bisa bebas dari impor," tambah Gubernur.