Bulog Jambi pastikan stok bahan pokok aman jelang Nataru

id Jambi

Bulog Jambi pastikan stok bahan pokok aman jelang Nataru

Stok beras kualitas premium di Gudang Bulog Jambi. Bulog Jambi pastikan stok bahan pangan tersedia jelang libur natal dan tahun baru 2022. (Antara/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Jambi memastikan ketersediaan stok bahan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Dalam rangka menghadapi libur Nataru 2020 stok bahan pangan, khususnya beras, tersedia," kata Kepala Kanwil Perum Bulog Jambi Defrizal di Jambi, Selasa.

Ia memaparkan stok beras Bulog Jambi saat ini sebanyak 9.262 ton yang tersebar di lima gudang Bulog yang berada di Kota Jambi, Kabupaten Bungo, Kuala Tungkal, Merangin dan di Kabupaten Kerinci.

Jumlah stok beras itu, lanjut dia, jika dibandingkan dengan rata-rata penyaluran beras dalam satu bulan sebanyak 1.500 ton sampai 2.000 ton, maka saat ini cukup untuk empat bulan ke depan.

"Stok beras kita ini continue, jika beras kurang maka akan di kirim lagi, sehingga stok beras tetap tersedia," kata Defrizal.

Defrizal menjelaskan salah satu fungsi Bulog yakni menjaga ketersediaan beras minimal untuk tiga bulan. Sehingga jika terjadi kekurangan stok maka akan dilakukan pengiriman agar stok tetap terjaga dan cukup.

Selain itu, untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan, Bulog juga rutin melakukan operasi pasar, dengan mekanisme Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di setiap daerah, melalui mitra kerja dan secara mobile oleh Satgas Pangan.

"Dalam satu hari rata-rata beras yang dijual melalui operasi pasar sebanyak 30 ton," kata Defrizal.

Uploader : Angga Pramana