Pemkot Medan genjot vaksinasi lansia agar PPKM level turun

id Medan

Pemkot Medan genjot vaksinasi lansia agar PPKM  level turun

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kota Medan Mardohar Tambunan. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, terus menggenjot program vaksinasi khusus kelompok lanjut usia (lansia) agar status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dapat turun ke level 1 dari level 2 saat ini.

"Vaksinasi menjadi salah satu penentu penurunan level PPKM," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Mardohar Tambunan, Selasa.

Mardohar mengatakan bahwa capaian vaksinasi untuk lansia di Kota Medan baru 49,02 persen dari target 60 persen.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk para lansia masih menjadi kendala di Kota Medan maupun di beberapa daerah lainnya di Sumut. 
 
"Berjalan tapi gerakannya lambat. Apalagi banyak lansia yang punya komorbid," katanya. 
 
Untuk mencapai target 60 persen vaksinasi bagi lansia, Pemerintah Kota Medan menggunakan strategi jemput bola atau mendatangi warga dari rumah ke rumah untuk pelaksanaan vaksinasi bagi para lansia.

"Target kami satu pekan ini bisa tercapai 60 persen itu," katanya.
  
Ia mengimbau warga yang sudah menjalani vaksinasi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. "Dengan demikian kasus COVID-19 di Kota Medan tidak bertambah," katanya.

Uploader : Angga Pramana