Bupati Lampung Selatan ikuti rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021

id lampung, lamsel, lampung selatan

Bupati Lampung Selatan ikuti rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021

Bupati Lamsel ikuti rakor evaluasi penyerapan anggaran daerah tahun 2021 (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Senin, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa kontribusi kepala daerah menjadi salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Mendagri, daerah memiliki ruang fiskal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun anggaran dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, realisasi belanja daerah menjadi salah satu faktor penting dalam menstimulasi pergerakan ekonomi daerah.

“Dalam konteks itu, maka realisasi belanja menjadi sangat penting. Karena belanja pemerintah daerah selain bisa membuat terjadinya peredaran uang di daerah, juga bisa membuat daya beli masyarakat meningkat sehingga konsumsi rumah tangga juga meningkat,” jelasnya.

Namun demikian, menurut Tito Karnavian berdasarkan data-data yang ada masih terdapat beberapa daerah yang penyerapan belanja APBD-nya masih rendah. Namun, terdapat pula beberapa daerah yang belanja daerahnya sudah cukup baik.

“Intinya, ada beberapa daerah yang belanjanya sudah cukup baik, tapi ada juga yang belanjanya masih rendah,” katanya.
 
Oleh karena itu, Mendagri meminta kepada daerah yang tingkat realisasi belanja daerahnya masih rendah agar segera menggunakan anggaran yang tersedia.
 

 

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021