Meskipun kasus menurun, Satgas COVID-19 Papua ingatkan disiplin terapkan prokes

id Satgas COVID Papua

Meskipun kasus menurun, Satgas COVID-19 Papua ingatkan disiplin terapkan prokes

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Silwanus Sumule. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi

Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua mengingatkan masyarakat di wilayahnya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun jumlah kasus terpapar terus menurun.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Silwanus Sumule di Jayapura, Senin mengatakan jumlah kasus di Papua mengalami penurunan yang sangat signifikan, rata-rata kasus harian sudah di bawah 10 kasus pada seluruh daerah di Papua.

"Kami mengucap syukur setelah PON XX dan Peparnas XVI rata-rata kasus COVID di bawah 10 kasus se-Papua," katanya.

Menurut Silwanus, meski begitu, terdapat dua kasus kematian akibat terpapar COVID-19 di Papua dalam minggu ini sehingga protokol kesehatan harus tetap dijalankan meskipun jumlah kasusnya rendah.

"Memang ada dua kasus kematian, hal tersebut memberikan peringatan walaupun kasus turun namun tidak berarti boleh longgar dalam hal protokol kesehatan," ujarnya.

Dia menjelaskan potret angka kasus COVID-19 di Papua menunjukan bahwa penyebaran virus ini sudah terkendali sehingga pihaknya berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan.

"Apa yang sudah dicapai kini mari dipertahankan bersama-sama di mana ada harapan besar bahwa protokol kesehatan sudah menjadi perilaku sehari-hari, sehingga ancaman gelombang ketiga tidak terjadi di Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan selain protokol kesehatan, cakupan vaksinasi COVID-19 juga perlu terus didorong, pasalnya, hingga kini masih ada daerah yang cakupannya di bawah 30 persen.