Pemprov Babel siapkan pasar murah jelang akhir tahun

id Bangka Belitung

Pemprov Babel siapkan pasar murah jelang akhir tahun

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung, Tarmin. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 sebagai upaya pengendalian harga sekaligus membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga murah.

"Rencana pasar murah akan kami gelar bersama sejumlah distributor, Bulog dan pemerintah kabupaten/kota di beberapa lokasi, baik di Pulau Bangka maupun Belitung," kata Kepala Disperindag Provinsi Babel Tarmin di Pangkalpinang, Jumat.

Tarmin mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan pada akhir tahun ini terdapat tiga komoditas bahan pangan yang diprediksi mengalami kenaikan harga, yaitu minyak goreng, telur ayam, dan cabai.

"Data Kementerian Perdagangan tersebut menjadi salah satu alasan kami untuk menggelar operasi pasar dan pasar murah menjelang natal dan tahun baru nanti," katanya.

Dengan adanya kegiatan pasar murah dan operasi pasar diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau atau lebih murah dari harga toko dan pedagang pasar.

Rencana pasar murah di Kota Pangkalpinang digelar di tiga kecamatan, yaitu pada 2 Desember 2021 di Kecamatan Gerunggang, 6 Desember di Kecamatan Pangkalbalam, dan 8 Desember di Kecamatan Bukit Intan.

Pasar murah ini berbasis perdagangan komoditi pangan dengan sistem penjualan langsung, atau pembeli bertransaksi langsung dengan distributor dalam satu lokasi sehingga harga komoditas lebih murah dibandingkan harga di toko atau pasar.

Selain menggelar pasar murah, Disperindag Babel juga menyiapkan operasi pasar di seluruh kabupaten/kota dengan tujuan pengendalian harga dan menjaga ketersediaan bahan pangan di pasar.

Kepala Seksi Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Disperindag Babel Achmad Fajri menjelaskan operasi pasar akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota pada akhir tahun 2021, dengan rincian di Kabupaten Bangka Barat akan dilaksanakan pada 22 November dan 7 Desember, Bangka pada 23 November, Belitung Timur 25 November, Belitung 26 November, Bangka Tengah 29 November, Bangka Selatan 30 November dan Kota Pangkalpinang pada 9 dan 10 Desember 2021.

"Operasi pasar sangat diperlukan guna mengantisipasi lonjakan kenaikan harga barang kebutuhan pokok, terutama menjelang hari raya keagamaan, seperti Natal dan tahun baru. Sebab ketika ada kenaikan harga di pasar maka akan menimbulkan gejolak ekonomi yang dapat berdampak inflasi," katanya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel juga memastikan jumlah ketersediaan dan pasokan barang kebutuhan pokok cukup hingga beberapa bulan ke depan dan diharapkan tidak mengalami lonjakan kenaikan harga.

Uploader : Angga Pramana