Tim Badan Siber latih pengelolaan keamanan IT pemerintahan Jambi

id Jambi

Tim Badan Siber latih pengelolaan keamanan IT pemerintahan Jambi

Sejumlah pengelola keamanan IT pemerintahan dari 11 kabupaten kota dan Provinsi Jambi mengikuti pelatihan peningkatan keamanan IT pemerintahan yang dipandu oleh tim mentor dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Jambi (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi mendatangkan tim mentor dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memberikan pelatihan khusus meningkatkan keamanan Teknologi Informasi (TI) sektor pemerintahan di daerah itu.

"Dengan tingginya ancaman siber akhir-akhir ini, dianggap perlu bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelola keamanan TI, terutama dalam hal mengidentifikasikan kerentanan, serta menilai risiko pada sistem elektronik yang dikelola secara mandiri," kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang di Jambi, Rabu.

Kegiatan bimbingan "Teknis IT Security Assessment tersebut digelar pada 9-11 November 2021 di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi. Peserta kegiatan tersebut adalah para pengelola keamanan TI sektor pemerintah baik Pemprov Jambi maupun pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

Pelatihan tersebut mendapat panduan dari tim BSSN yang memiliki kapasitas dan kompetensi dalam penanganan keamanan TI sektor pemerintahan.

Nurachmat Herlambang menyatakan kemajuan teknologi berbarengan dengan munculnya ancaman dan kerentanan terhadap teknologi itu sendiri.

Sering dikabarkan beberapa aplikasi milik Pemerintah Indonesia dapat ditembus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan datanya dijual dan dilelang di dalam dark web.

"Oleh karena itu, kita harus menyadari bahwa secanggih-canggihnya teknologi pasti akan tetap memiliki kerentanan atau kelemahan," katanya.

Menurut dia, keamanan terhadap kerentanan informasi secara umum dapat dinilai berdasarkan tiga faktor utama yang sering disebut dengan CIA (Confidentiality, Integrity and Availability) atau kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan informasi.

Uploader : Angga Pramana