Penyaluran dana BOS di NTT mencapai Rp1,49 triliun

id NTT

Penyaluran dana BOS di NTT mencapai Rp1,49 triliun

Ilustrasi - Kantor Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kementerian Keuangan di Kota Kupang. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Nusa Tenggara Timur  mencatat penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di provinsi itu mencapai Rp1,49 triliun hingga triwulan III tahun 2021.

"Dana BOS yang disalurkan ini untuk membantu 5.610 sekolah negeri dan 2.684 sekolah swasta," kata Kepala Kantor Wilayah DJPb NTT Catur A. Widodo dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan progres penyaluran dana BOS untuk membantu sekolah-sekolah negeri dan swasta di NTT hingga triwulan III 2021.

Penyaluran dana BOS yang terealisasi masing-masing untuk sekolah negeri dengan realisasi sebesar Rp1,019 triliun dan sekolah swasta Rp480,2 miliar.

Catur menjelaskan dana BOS ini disalurkan untuk berbagai jenjang sekolah dari SD, Sekolah Luar Biasa, SMP, serta SMA/SMK.

Selain dana BOS, kata dia bantuan pendidikan lain yang disalurkan berupa Program Indonesia Pintar yang terealisasi untuk 1.023 siswa di NTT.

"Ada juga bantuan rehabilitasi sarana pendidikan dan tunjangan profesi guru untuk Kemenag," katanya.

Ia berharap dana pendidikan ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang kebutuhan sekolah-sekolah sehingga kegiatan belajar dan mengajar yang sudah mulai berlangsung secara tatap muka bisa berjalan dengan lancar.

"Dengan demikian diharapkan mutu pendidikan di NTT semakin meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Uploader : Angga Pramana