Disaster Management Center bersama Dompet Dhuafa Jatim respons banjir bandang Kota Batu

id Dompet Dhuafa,Disaster Management Center bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur respons banjir bandang Kota Batu

Disaster Management Center bersama Dompet Dhuafa Jatim respons banjir bandang Kota Batu

Disaster Management Center bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur respons banjir bandang Kota Batu. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Saat ini kami di Desa Bulu Kerto sedang membantu evakuasi dan pencarian korban banjir bandang bersama relawan dan masyarakat setempat, jelas Fery

Malang (ANTARA) - Disaster Management Center ( DMC ) Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Jawa Timur melakukan respon banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Malang di Jawa Timur, pada Kamis malam (04/11/2021). 

Sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis sore, pada pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, kejadian banjir bandang tersebut menyebabkan 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap. Sebanyak 4 orang sudah ditemukan dalam kondisi selamat, namun 11 lainnya masih dalam pencarian.

Adapun lokasi yang terdampak berdasarkan pantauan tim DMC Dompet Dhuafa ada lima desa  di Kecamatan Burniaji yang terdampak yakni Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, Desa Sidomulyo

“Berdasarkan data sementara yang didapat ada sekitar kurang lebih 15 orang diperkirakan hilang (hanyut), empat orang ditemukan (selamat), dan 11 orang masih dalam pencarian. Selain itu ada satu unit rumah terendam dan empat kendaraan hanyut,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive of DMC Dompet Dhuafa.

Saat ini warga terdampak membutuhkan logistik, selimut, obat-obatan dan sumber air bersih.

“Kondisi cuaca sedang hujan dengan intensitas ringan dan banjir sudah surut serta menyisakan lumpur,” pungkas Fery selaku tim DMC Dompet Dhuafa penugasan Jawa Timur bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur.

“Saat ini kami di Desa Bulu Kerto sedang membantu evakuasi dan pencarian korban banjir bandang bersama relawan dan masyarakat setempat,” jelas Fery selaku tim DMC Dompet Dhuafa penugasan bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.