DPRD Pangkalpinang ajak mahasiswa aktif kawal kebijakan publik

id Pangkalpinang

DPRD Pangkalpinang ajak mahasiswa aktif kawal kebijakan publik

Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady mengajak mahasiswa untuk mengawal kebijakan publik di daerah itu sehingga bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pangkalpinang (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak para mahasiswa ikut proaktif dalam mengawal berbagai kebijakan publik yang dijalankan di daerah itu.

Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan upaya para mahasiswa dalam mengawal berbagai kebijakan publik yang dijalankan pemerintah diharapkan bisa semakin baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Peran-peran advokasi oleh anggota DPRD perlu melibatkan suara dari masyarakat, agar kebijakan yang dihasilkan dapat sejalan dengan kebutuhan masyarakat," kata Rio Setiady saat memberikan materi dalam sekolah legislatif yang diselenggarakan Kelompok Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung.

Ia menambahkan, dalam pembentukan peraturan daerah diperlukan dukungan agar tetap berbasis pada kebutuhan daerah, baik yang dilakukan berdasarkan usulan dari bawah maupun kebijakan yang diambil pemerintah untuk masyarakat.

"'Top down' artinya berdasarkan usulan dari pemerintah daerah, sementara 'bottom up' berarti merupakan usulan dari bawah atau masyarakat dan DPRD bertindak sebagai jembatan antara keduanya," ujarnya.

Menurut dia, yang ada selama ini banyak peran dari anggota DPRD yang belum terlihat nyata atau dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Melalui kegiatan sekolah legislatif ini kami memberikan pemaparan kepada mahasiswa terkait dengan kerja-kerja anggota DPRD yang merupakan wakil dari masyarakat untuk dapat diketahui dan jika perlu ada koordinasi bersama dengan mahasiswa baik untuk membahas peraturan daerah ataupun kebijakan publik lainnya," ujarnya.

Pihaknya melihat peran-peran mahasiswa ini sangat strategis di dalam mengawal pembangunan daerah.

"Maka dari itu, anggota DPRD jangan apatis dengan kehadiran mahasiswa, karena mahasiswa merupakan 'iron stock' atau pengganti generasi-generasi sebelumnya yang perlu terus meningkatkan kemampuan, keterampilan dan akhlak mulia dalam pribadi masing-masing sekaligus diharapkan mampu menjadi mitra strategis di dalam merumuskan kebijakan daerah," katanya.

Uploader : Angga Pramana