1.062 personel TNI-Polri amankan Peparnas XVI Papua

id peparnas papua, pengamanan peparnas

1.062 personel TNI-Polri amankan Peparnas XVI Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 1.062 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Peparnas XVI Papua yang dilaksanakan di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri kepada Antara, Senin di Jayapura, mengatakan, dari jumlah tersebut 844 personel di antaranya berasal dari anggota Polri, sedangkan personel TNI sebanyak 176 orang dan instansi terkait 42 orang.

Memang personel yang terlibat tidak sebanyak PON karena lokasi pertandingan hanya di dua wilayah yakni Kota dan Kabupaten Jayapura.

Sementara PON dilaksanakan di empat wilayah yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke dengan jumlah peserta juga lebih banyak.

Peserta Peparnas XVI tercatat 1.985 atlet dengan 740 ofisial, kata Irjen Pol Fakhiri seraya menambahkan cabang olahraga yang dipertandingkan tercatat 12 cabang dengan 638 nomor pertandingan.

Ketika ditanya tentang situasi kamtibmas menjelang pelaksanaan Peparnas XVI yang akan dilaksanakan tanggal 5-13 Nopember itu Kapolda Papua mengatakan kamtibmas relatif aman dan kondusif.

"Masyarakat diharapkan membantu menjaga kamtibmas dan tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat COVID-19 masih ada di tengah kita walaupun saat ini warga yang terjangkit virus tersebut sudah menurun," kata Irjen Pol Fakhiri.