ASDP operasikan KM Menumbing Raya jalur Sadai - Tanjung RU November 2021

id ASDP

ASDP operasikan KM Menumbing Raya jalur Sadai - Tanjung RU November 2021

Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka lintasan penugasan penyeberangan Sadai - Tanjung RU, Janner Sinaga (babel.antaranews.com)

Belitung, Babel (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengoperasikan KM Menumbing Raya di jalur perlintasan Pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan dan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Ru di Kabupaten Belitung mulai November 2021.

"KM Menumbing Raya mulai melayani rute tersebut pada 1 November mendatang," kata Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka lintasan penugasan penyeberangan Sadai - Tanjung RU, Janner Sinaga di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan, beroperasinya KM Menumbing Raya di jalur perlintasan Sadai - Tanjung Ru merupakan komitmen PT ASDP Indoensia Ferry (Persero) dalam mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Arus barang dan penumpang di jalur perlintasan ini terus mengalami peningkatan, sehingga kami menilai perlu ada armada yang bisa mengakomodir laju peningkatan dan penumpang di dua pelabuhan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, KM Menumbing Raya memiliki spesifikasi ukuran 650 GT dengan kapasitas angkut sebanyak 250 penumpang dan 16 kendaraan campuran.

"Kapasitas ini jelas lebih besar dibandingkan kapal perintis kami sebelumnya termasuk waktu tempuh yang lebih singkat dulu bisa mencapai 12 jam sekarang hanya sembilan jam," katanya.

Menurut dia, kehadiran KM Menumbing Raya otomatis menggantikan kapal perintis milik PT ASDP Indoensia Ferry sebelumnya yakni KMP Gorare yang lebih dari 10 tahun melayani jalur perlintasan tersebut.

"Selain disewa untuk pengangkutan bahan bakar avtur KMP Gorare kami operasikan pada lintasan pelabuhan Tanjung Ru dan pelabuhan Tanjung Nyato Kecamatan Selat Nasik," ujarnya.

Janner menyebutkan, jadwal keberangkatan KM Menumbing Raya dari pelabuhan Sadai pada hari Senin, Rabu dan Jumat kemudian dari pelabuhan Tanjung Ru pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

"Untuk pemesanan tiket nanti bisa dilakukan di kantor kami secara langsung," katanya.

Uploader : Angga Pramana