Bupati Pesisir Barat ikuti rapat paripurna RPJMD tahun 2021-2026

id lampung, pesisir barat

Bupati Pesisir Barat ikuti rapat paripurna RPJMD tahun 2021-2026

Bupati Pesisir Barat ikuti rapat paripurna RPJMD tahun 2021-2026 (ANTARA/HO-Pemkab Pesisir Barat)

Rekomendasi serta saran perbaikan yang telah disampaikan akan menjadi materi perbaikan bagi seluruh tim penyusun ranperda RPJMD, katanya ​​​​​​​

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, mengikuti rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian nota pengantar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMDs vecara virtual meeting di Kantor Bupati Pesisir Barat, Villa Repong Ramdo Way Batu, beberapa hari lalu.

Bupati menyampaikan, RPJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun. RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah.

Keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJMD dan RPJMN.

Baca juga: Bupati Pesisir Barat hadiri pelatihan pendidikan NU Angkatan II

“Pada nota pengantar ranperda RPJMD ini, kami akan sampaikan gambaran mengenai isi ranperda dimaksud,” ujarnya.

Visi RPJMD tahun 2021-2026, yaitu terwujudnya Kabupaten Pesisir Barat yang amanah, maju dan sejahtera. 

Visi dimaksud dalam proses pencapaiannya diarahkan dengan lima misi, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkeadilan, maju dan berdaya saing, mengembangkan infrastruktur wilayah dengan konsep pembangunan inklusif untuk konektivitas antar wilayah dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana dan berwawasan lingkungan.

Baca juga: Bupati Pesisir Barat tinjau pelaksanaan vaksinasi

Selain itu, mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui peningkatan produktivitas sektor pertanian dan perikanan, mengembangkan destinasi pariwisata unggulan daerah yang berpijak pada kearifan lokal dan menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas melalui tata kelola pemerintahan yang bersih dan produktif serta penguatan  sinergitas antar lembaga.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota badan pembentukan peraturan daerah DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang telah membahas ranperda RPJMD ini. Rekomendasi serta saran perbaikan yang telah disampaikan akan menjadi materi perbaikan bagi seluruh tim penyusun ranperda RPJMD,” katanya.