Pemkab Tangerang targetkan 29 ribu vaksinasi per hari

id Tangerang

Pemkab Tangerang targetkan 29 ribu vaksinasi per hari

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi (Azmi Samsul Maarif)

Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menargetkan peningkatan laju vaksinasi COVID-19 dosis tahap pertama di daerah itu  29 ribu per harinya, guna mencapai target sasaran hingga 70 persen sesuai ketetapan pemerintah.

"Kita di target dalam satu hari itu oleh pak Bupati Tangerang, satu kecamatan harus menyasar 1.000 orang dalam sehari. Jadi total kecamatan semua yang ada di Kabupaten Tangerang sebanyak 29," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Kamis.

Ia menuturkan, adapun nantinya di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang tersebut akan ditargetkan 1.000 sasaran dalam seharinya dengan dibantu oleh TNI/Polri.

"Jadi sekarang sistemnya komando ada di para camat, nantinya mereka akan menentukan sasaran vaksin ke tingkat desa/kelurahan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Tangerang telah mendapat bantuan tenaga vaksinator dari Mabes TNI untuk membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Tangerang.

Adapun tugasnya, lanjut dia, para vaksinator TNI ini akan bergabung dengan para tenaga kesehatan setempat melakukan vaksinasi dan pendataan di masing-masing wilayah tersebut.

"Para nakes dari TNI ini akan digabung dengan tim dari Hotel Yasmin, tim dari Polri, dan tim yang ada di Puskesmas," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, jika sistem vaksinasi untuk saat ini tidak sekedar membuka gerai atau sentra vaksin. Melainkan petugas akan mendatangi lingkungan perumahan secara pintu ke pintu.

Baca juga: Puskesmas Kunciran beri layanan kesehatan ODGJ ke rumah

"Kita sekarang sudah tidak bisa lagi buka gerai atau sentra vaksin karena orang yang datang sangat kurang. Untuk sekarang akan dilakukan door to door ke RT/RW," ungkapnya.

Kemudian, ia menambahkan, untuk stok dosis vaksinasi di Kabupaten Tangerang selama ini dipastikan aman dan dapat terpenuhi, karena disetiap Puskesmas, Polsek dan Koramil setempat telah tersedia tinggal hanya pembagian tenaga ke wilayah-wilayah.

"Kalau dosis vaksin kita aman, sudah tersedia di Puskesmas, Polsek dan Koramil di masing-masing wilayah," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data perkembangan capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang per Selasa (19/10) baru mencapai 57,31 persen atau sekitar 1,437 juta dosis vaksin yang diberikan.

Sedangkan dari target yang direncanakan sebelumnya oleh Pemkab setempat yaitu 2,5 juta sampai akhir tahun atau minimal mencapai 70 persen dari sasaran yang ada.

Sehingga, dengan adanya hal itu Mentri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memutuskan untuk tidak memasukan wilayah kabupaten/kota yang belum mencapai target sebagai wilayah algomerasi dalam penilaian turun level PPKM di Jabodetabek.

Uploader : Angga Pramana