IDI Lampung minta pengawasan prokes kembali digalakkan

id Corona Lampung, COVID Lampung, protokol kesehatan

IDI Lampung minta pengawasan prokes kembali digalakkan

Ilustrasi- Aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan tradisional di Kota Bandarlampung. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Tempatkanlah petugas di tempat keramaian seperti pasar tradisional, tempat kuliner untuk mengingatkan protokol kesehatan, sebab kita harus edukasi di setiap kesempatan, katanya

Bandarlampung (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung meminta pengawasan protokol kesehatan (prokes) didaerahnya kembali digalakkan guna mencegah persebaran COVID-19.

"Pengawasan protokol kesehatan harus terus dilakukan untuk mengantisipasi adanya persebaran COVID-19," ujar Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung dr Boy Zaghlul Zaini, saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan penegakan prokes tersebut dapat dimulai dari ditempatkannya kembali petugas yang bertugas mengawasi penerapan prokes di tempat ramai.

"Tempatkanlah petugas di tempat keramaian seperti pasar tradisional, tempat kuliner untuk mengingatkan protokol kesehatan, sebab kita harus edukasi di setiap kesempatan," katanya.

Baca juga: IDI minta pemerintah perketat pintu masuk Indonesia

Menurutnya, edukasi penerapan protokol kesehatan menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Ini merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat untuk mengingatkan protokol kesehatan. Memang kalau ada petugas tentunya masyarakat akan lebih patuh," ucapnya.

Dia melanjutkan masyarakat juga diharapkan untuk lebih menahan diri, sebab pandemi COVID-19 masih berlangsung.

"Harus bisa menahan diri, masker tetap digunakan sebab COVID-19 masih ada. Lalu saat ini tengah banyak diselenggarakan vaksinasi massal itu juga harus kita jaga penerapan protokol kesehatan," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021