Puskesmas Kunciran lakukan pelayanan kesehatan ODGJ ke rumah

id Tangerang

Puskesmas Kunciran lakukan pelayanan kesehatan ODGJ ke rumah

Petugas puskesmas memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien ODGJ. foto dokuen

Tangerang (ANTARA) -
Puskesmas Kunciran di Kecamatan Pinang Kota Tangerang Banten melakukan pelayanan kesehatan dan berobat bagi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke rumah.

Kepala Puskesmas Kunciran yakni Darsono di Tangerang Rabu dalam keterangannya mengungkapkan dalam cek rutin ke rumah-rumah pasien ODGJ, para petugas kesehatan melakukan cek kesehatan berupa memberikan suntikan atau obat-obatan jika dibutuhkan. Terlebih memotivasi keluarga dan warga sekitar untuk mendukung pengobatan si pasien.

"Kegiatan ini menjadi salah satu pelayanan rutin tim Puskesmas. Sebelum dan selama pandemi sudah rutin kami laksanakan, tentu kalau saat ini kita lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terpenting, pasien ODGJ terus terpantau," katanya.

Ia pun menjelaskan, tak sedikit pasien ODGJ yang ditangani Puskesmas Kunciran dinyatakan sembuh, atau setidaknya terus memberikan perkembangan yang positif.

"Jadi, ada pasien kami yang kini sudah kembali beraktifitas normal. Setidaknya, mereka sudah bisa kembali bersosialisasi normal dengan aman. Namun, tetap dalam pantauan kami dan minum obat. Jangan sampai stres hingga sampai kambuh lagi," katanya.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk tidak membully mereka yang sedang dalam status ODGJ. Tapi hadirlah dengan sedikit hal positif untuk mendukung proses kesembuhan para pasien

."Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bisa membantu dalam proses penyembuhan kepada pasien agar memberikan motivasi yang baik," ujarnya.