Warga Rejang Lebong diminta waspada peningkatan penyebaran COVID-19

id Rejang Lebong

Warga Rejang Lebong diminta waspada peningkatan penyebaran COVID-19

Petugas Dinkes Rejang Lebong belum lama ini melakukan pemeriksaan rapid antigen kepada warga di daerah itu.(dok.Antarabengkulu.com)

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Rejang Lebong, Bengkulu, 17/10 (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu meminta warga setempat untuk mewaspadai peningkatan penyebaran COVID-19 di daerah itu menyusul adanya penambahan kasus konfirmasi dalam beberapa hari belakangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan, kasus warga setempat yang dinyatakan terkonfirmasi positif sejak Juni 2020 lalu hingga saat ini mencapai 3.454 kasus, kemudian sebanyak 3.378 kasus dinyatakan sembuh, 69 kasus meninggal dunia dan tujuh kasus masih dalam pengawasan.

"Warga Rejang Lebong diminta untuk mewaspadai agar kasus penyebaran COVID-19 tidak meningkat dengan selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, karena beberapa hari ini ada penambahan jumlah warga yang terkonfirmasi positif," kata dia.

Dia menjelaskan, kasus penyebaran COVID-19 di daerah itu saat ini sudah mengalami penurunan signifikan dan tinggal menyisakan tujuh kasus aktif, di mana sebelumnya tinggal tiga orang lagi namun terjadi penambahan empat kasus baru.

"Pada hari ini terjadi penambahan satu kasus terkonfirmasi positif yakni kasus 3.454 berjenis kelamin perempuan berumur 56 tahun dari Kecamatan Sindang Dataran dan saat ini yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri," ujar Syamsir menerangkan.

Kasus aktif yang masih ada di daerah itu saat ini tengah menjalani pengobatan di RSUD Curup dan beberapa orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sementara itu untuk data jumlah sampel tes usap (swab) yang telah diperiksa di laboratorium, tambah dia, saat ini mencapai 23.640 spesimen dengan hasil sebanyak 3.454 sampel dinyatakan positif dan 20.186 sampel dinyatakan negatif.

Dia mengimbau masyarakat Rejang Lebong agar terus menerapkan protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. ***3***

Uploader : Angga Pramana