Pemkab Bangka perkuat pengembangan desa wisata

id bangka

Pemkab Bangka perkuat pengembangan desa wisata

Bupati Bangka Mulkan (babel.antaranews.com)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperkuat pengembangan desa wisata karena potensi sumber daya alam ini dianggap mampu memberikan konstribusi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Penguatan pengembangan desa wisata mulai dari melibatkan peran masyarakat melalui kelompok sadar wisata, sampai kelembangaan pengelolaan potensi wisata yang berkelanjutan," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, potensi wisata hampir merata terdapat di wilayah desa baik itu wisata alama seperti air terjun ataupun wisata pantai. Pemerintah desa dan masyarakatnya diberikan hak mengembangkan potensi yang dimilikinya tersebut.

Bupati menyarankan kewenangan pemerintah desa mengembangkan potensi kekayaan alamnya hendaknya benar-benar dimaksimalkan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desanya.

Dikatakan, pengembangan dan pemberdayaan potensi sumber daya alam di desa dibutuhkan agar pemerintah desa mempunyai sumber pendapatan karena tidak menutup kemungkinan dana bantuan pemerintah yang disalurkan ke desa kedepannya mengalami pengurangan.

"Kedepannya pemerintah menginginkan setiap pemerintahan desa mampu mandiri membangun desa sendiri," katanya.

Terdata jumlah desa di Kabupaten Bangka sebanyak 60 desa tersebar di delapan kecamatan yang umumnya setor pertanian dan perkebunan yang banyak digarap masyarakat.

Uploader : Angga Pramana