Kontingen Lampung capai target 10 besar PON

id pon papua, target 10 besar, koni lampung, kontingen lampung

Kontingen Lampung capai target 10 besar PON

Ketua Umum KONI Lampung Yusuf Barusman saat pengalungan medali kepada atlet Lampung (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Jayapura (ANTARA) - Kontingen Lampung hingga satu hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berada di peringkat 10 dari 34 provinsi yang mengikuti perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air itu.

"Target 10 besar sudah pasti terpenuhi mengingat peringkat di bawah, tak mungkin lagi mengejar kontingen Lampung untuk perolehan medali," kata Wakil Ketua III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Agus Nompitu, di Jayapura, Kamis.

Ia menyebutkan perolehan medali untuk kontingen Lampung hingga sekarang, yakni 14  emas, 10 medali perak  dan 11 medali perunggu.

Pesaing terdekat Lampung adalah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sama-sama memperoleh 14 medali emas dan 10 perak. Namun sementara NTB unggul dengan perolehan medali perunggu 12, sementara Lampung hanya 11.

Perburuan medali emas terakhir pada Kamis (14/10) , Lampung masih menyisakan empat cabang olahraga yang masih bertanding yaitu atletik di nomor tolak peluru dan terjun payung yang bertanding di Mimika, dan karate yang hari ini bermain di kumite beregu putri dan selam laut.

Sementara NTB masih menyisakan di atletik nomor 3.000 m lari halang rintang dan final estafet 4X400 meter putra, dimana dalam tim ini bercokol atlet nasional Muhamad Zohri.

"Dalam hitungan matematis kemungkinan menambah medali Lampung masih terbuka, dan jika dua sisa pertandingan itu mendapatkan medali emas dan NTB juga mendapatkan medali emas, maka posisi masih tetap sama dalam klasemen yakni di peringkat 10 besar," jelas Agus.

Menurutnya, Lampung praktis aman di posisi 10 besar, lantaran tiga daerah terdekat di bawahnya yakni Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Utara dan Banten sudah selesai berburu medali hari ini.

"Apapun yang terjadi, pergeseran ranking terpanas hanya bersaing dengan NTB, namun peluang meraih medali ada pada NTB yang didukung atlet nasional di estafet putra tersebut," jelasnya.

Kontingen Lampung berharap dari tiga sisa pertandingan di dua cabang itu, sehingga persaingan harus ditunggu hingga usai perburuan medali hari ini.

"Posisi terbaik bagi Lampung berkisar antara 9 dan 10. Tergantung perolehan medali hari ini," katanya.

Persaingan di papan atas pun sudah hampir pasti selesai, karena Jawa Barat mengunci dengan 125 medali emas. Sebab dengan 106 medali emas, Jawa Timur sudah tidak akan mungkin menyusul. Demikian juga DKI Jakarta yang mengoleksi 99 medali emas tidak mungkin menyusul Jawa Timur.

Sementara DKI Jakarta juga tidak lagi bisa disusul Papua yang memperoleh 87 medali emas. Artinya persaingan di papan atas terhenti dengan posisi seperti saat ini, dimana Jawa Barat kembali menjadi juara PON XX Papua 2021.

Dengan demikian posisi akhir klasemen hampir bisa dipastikan Lampung berada di 10 besar PON Papua, dengan kata lain target tercapai