Marciano sebut PON Papua lahirkan 60 pemecahan rekor

id PON Papua,Pemecahan Rekor,Marciano Norman,KONI pusat,Selam,Atletik,Angkat besi,Renang

Marciano sebut PON Papua lahirkan 60 pemecahan rekor

Ketua Umum KONI pusat Marciano Norman (ketiga kiri) bertemu dengan awak media untuk membahas gelaran PON XX Papua 2021 di restoran Garpu Sendok, Jayapura, Rabu (13/10/2021). ANTARA/HO-KONI

Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan sudah ada 60 pemecahan rekor pada Rabu (13/10), baik internasional dan nasional, dalam gelaran PON Papua 2021.

"Ternyata di dalam pekan olahraga ini, seperti yang kita harapkan, terjadi pemecahan rekor," ujar Marciano di Jayapura, Rabu. 

Ia menjelaskan secara total, ada 60 pemecahan rekor, yang terdiri dari 3 rekor dunia, 19 rekor nasional dan 38 rekor PON selama gelaran PON Papua.

Marciano menilai tolok ukur keberhasilan PON ini adalah lahirnya pemecahan rekor, meski saat ini tengah berada dalam kondisi pandemi COVID-19. 

"Pertama, pemecahan rekor dunia oleh atlet angkat besi junior, ada 3 pemecahan rekor dunia. Kemudian untuk rekor nasional, ada 19 pemecahan rekor nasional. Kemudian pemecahan rekor PON sampai siang ini ada 38," jelas Marciano.

"Pekan Olahraga Nasional ini tolok keberhasilannya apabila ada pemecahan rekor. Ternyata Alhamdulillah, di masa pandemi COVID-19 ini ada pemecahan rekor," sambungnya. 



Pemecahan rekor dunia, nasional dan PON itu diketahui berasal dari beberapa cabang olahraga, di antaranya angkat besi, atletik, selam dan renang.

Gelaran PON Papua akan terus berlangsung hingga Kamis (14/10) besok, dan rencananya akan resmi ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'aruf Amin pada Jumat (15/10) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.