Itera resmi buka Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu pertama di Indonesia

id Itera,Institut teknologi sumatra,Lampung,Prodi baru,Perguruan tinggi Itera

Itera resmi buka Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu pertama di Indonesia

Rektor Institut Teknologi Sumatra (Itera), Prof. Mitra Djamal. Minggu, (10/10/2021) (ANTARA/Ho-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi membuka program studi (Prodi) baru yakni Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu (TKA), yang merupakan pertama di Indonesia. 

"Prodi tersebut saat ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur seleksi khusus, dan menyediakan beasiswa pendidikan penuh bagi tiga calon mahasiswa berprestasi yang terpilih," kata Rektor Itera Prof. Mitra Djamal, di Bandarlmapung, Minggu.

Dia menyebutkan pembukaan prodi baru tersebut merupakan bagian kontribusi Itera dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang rekayasa tata kelola air terpadu di Sumatera dan Indonesia yang semakin dibutuhkan. 

Ia pun mengatakan bahwa pihaknya juga langsung membuka jalur pendaftaran khusus, pada prodi baru ini hingga memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa yang berprestasi melalui seleksi khusus.

"Tentunya saya sangat bersyukur. dengan izin yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas pembukaan prodi tersebut," kata dia.

Dosen Program Studi Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu Itera,  Rahma Yanda, S.Si., M.Eng., Ph.D., menjelaskan Prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu merupakan prodi yang mengintegrasikan ilmu, teknologi, kerekayasaan, manajemen dan tata kelola air. 

"Prodi ini memiliki kurikulum yang fokus pada bidang keairan, mengintegrasikan ilmu, teknologi, kerekayasaan, manajemen, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pemanfaatan air," kata dia.

Ia mengatakan bahwa prodi pertama di Indonesia ini, mengemban misi berkontribusi pada pemberdayaan potensi alam di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan sarjana di bidang rekayasa tata kelola air terpadu melalui proses pembelajaran yang berkualitas tinggi dan efisien.

Rahma menyebut, prospek kerja bagi lulusan prodi ini sangat terbuka, mulai dari menjadi akademisi, praktisi, dan peneliti, baik di lembaga pemerintahan maupun swasta yang berkaitan dengan bidang sumber daya air yang diantaranya yaitu Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, LIPI, LAPAN, PDAM, perusahaan konsultan dan kontraktor, dan tenaga pengajar. 

Ia mengatakan pendaftaran prodi ini dibuka untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA/ SMK atau sederajat dan Paket C yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021, dengan kuota mahasiswa baru angkatan pertama sebanyak 50 orang. 

"Calon mahasiswa juga disyaratkan tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan bebas buta warna yang akan diunggah saat pendaftaran. Beberapa dokumen pendaftaran yaitu rapor pendidikan SMA/SMK kekas XII legalisir, ijazah legalisir, dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN)," kata dia.

Pandaftaran dibuka 5-10 Oktober 2021, dan seleksi akan dilakukan pada 8 - 11 Oktober 2021, wawancara : 11-12 Oktober 2021, dan awal perkuliahan akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2021.

Informasi selengkapnya tentang pendaftaran prodi TKA ITERA dapat diakses melalui laman https://tka.itera.ac.id/ atau melalui akun instgram: @pmb.itera dan call center/WA: wa.me/+6285839171276